Tidurlah Dengan Posisi Ini Agar Kamu Mendapat Tidur yang Nyenyak

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 21 Januari 2020 16:10
Tidurlah Dengan Posisi Ini Agar Kamu Mendapat Tidur yang Nyenyak
Beberapa posisi tidur dapat membuat tidurmu lebih nyaman, bahkan membuatmu tidur lebih nyenyak.

Tidur merupakan satu hal mendasar bagi manusia. Setiap hari tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan cara tidur.
Dalam beristirahat melalui tidur pun kita tidak selalu mendapatkan tidur yang nyenyak. Banyak faktor yang dapat menyebabkannya. Namun salah satu alasannya dapat dikarenakan kamu tidur dengan posisi yang salah.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui posisi tidur yang dapat membuatmu mendapatkan tidur yang nyenyak. Dilansir dari healthline.com ((03/12), simak yuk!

1 dari 4 halaman

1. Posisi Seperti Janin (Fetal Potition)

Posisi Tidur © Diadona

Ada alasan mengapa ini adalah posisi tidur yang paling populer. Menurut National Sleep Foundation, posisi janin memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bagus untuk sakit punggung bawah atau kehamilan, tidur dalam posisi janin dapat membantu mengurangi dengkuran.

Sayangnya, tidur dalam posisi janin memang memiliki beberapa kelemahan. Pastikan postur tidurmu relatif longgar, jika tidak posisi yang nyaman dapat membatasi pernapasan. Juga, jika kamu memiliki masalah dengan nyeri sendi atau kekakuan, tidur dalam posisi janin yang ketat mungkin membuatmu sakit di pagi hari.

2 dari 4 halaman

2. Tidur Menyemping

Posisi Tidur © Diadona


Tidur menyamping ternyata baik ketika tidur, terutama jika tidur di sisi kiri. Tidak hanya dapat membantu mengurangi mendengkur, posisi ini bagus untuk pencernaan dan bahkan mengurangi mulas.

Sebuah studi yang lebih tua mengamati 10 orang selama dua hari. Hari pertama, peserta beristirahat di sisi kanan setelah makan makanan tinggi lemak. Pada detik, mereka beralih ke sisi kiri. Meskipun ini adalah penelitian kecil, para peneliti menemukan bahwa tidur di sisi kanan meningkatkan mulas dan refluks asam, yang menunjukkan itu bisa menjadi alasan yang baik untuk beralih sisi di malam hari.

Tidur di sisi kanan, mungkin kurang baik. Tidak hanya karena dapat menyebabkan kekakuan di bahu, penelitian menunjukkan bahwa tidur di samping kanan dapat menyebabkan keriput.

Meletakkan bantal di antara kaki bawah akan membantu menyelaraskan pinggul untuk menghindari nyeri punggung bawah.

3 dari 4 halaman

3. Telentang

Posisi Tidur © Diadona


Tidur terlentang dapat memberikan manfaat kesehatan paling besar. Tidak hanya melindungi tulang belakang, tidur telentang juga dapat membantu meringankan sakit pinggul dan lutut.

Seperti yang dijelaskan oleh Klinik Cleveland, tidur telentang menggunakan gravitasi untuk menjaga tubuh sejajar di atas tulang belakang, yang dapat membantu mengurangi tekanan yang tidak perlu pada punggung atau sendi.

4 dari 4 halaman

4. Tengkurap

Posisi Tidur © Diadona


Jika kita harus menentukan peringkat posisi tidur yang nyaman, berbaring tengkurap mungkin berada di bagian bawah. Meskipun ini posisi yang bagus untuk mendengkur atau tidur namun manfaatnya tidak lebih banyak.

Tidur tengkurap justru bisa menyebabkan sakit leher dan punggung. Ini juga dapat menambah banyak ketegangan yang tidak perlu pada otot dan persendian, itulah sebabnya mengapa mungkin terbangun karena sakit dan lelah.

Nah itu dia posisi tidur yang dapat membuat tidurmu jadi lebih nyenyak, selamat mencoba dan selamat beristirahat!

Beri Komentar