5 Tes Kesehatan Mental Secara Online yang Gratis dan Mudah Diakses

Reporter : Yoyok
Jumat, 5 April 2024 19:10
5 Tes Kesehatan Mental Secara Online yang Gratis dan Mudah Diakses
Tes kesehatan mental seperti ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ada banyak tes kesehatan mental yang bisa kamu lakukan secara online dan gratis. Seperti kita tahu, di zaman sekarang ini, orang-orang sudah pada melek tentang kesehatan mental. Tidak hanya diri sendiri, orang-orang juga mulai peka dengan kesehatan mental di sekitarnya.

Dikutip dari Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022, sebanyak 15,5 juta remaja mengalami masalah kesehatan mental. Sedangkan hanya 2,6 persennya yang mengakses layanan konseling. Maka dari itu, salah satu solusi yang bisa dapatkan oleh mereka adalah layanan konseling.

Kini sudah banyak tes kesehatan mental yang bisa dicoba secara online dan juga gratis. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1 dari 6 halaman

Fungsi Tes Kesehatan Mental

Tes Kesehatan Mental © Diadona© shutterstock.com

Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, tes kesehatan mental memiliki peranan penting dalam kondisi kejiwaan kita. Berikut ini adalah fungsi atau pentingnya sebuah tes kesehatan mental:

Penilaian Awal

Tes kesehatan mental dapat digunakan sebagai alat awal untuk mengevaluasi kesehatan mental seseorang. Mereka dapat membantu mengidentifikasi gejala-gejala yang mungkin terkait dengan gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gangguan stres pasca-trauma.

Pemantauan Perkembangan

Bagi individu yang sedang menjalani perawatan kesehatan mental, tes kesehatan mental dapat digunakan untuk memantau perkembangan selama waktu. Hal ini dapat membantu profesional kesehatan mental dan klien untuk melacak perubahan dalam gejala, menilai efektivitas perawatan, dan menyesuaikan intervensi yang sesuai.

Pengelolaan Perawatan

Dalam kerangka perawatan kesehatan mental, tes kesehatan mental dapat membantu dalam mengarahkan keputusan perawatan. Mereka dapat membantu profesional kesehatan mental dalam merencanakan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan individu, baik itu melalui terapi, obat-obatan, atau program-program lainnya.

Pendidikan dan Kesadaran

Tes kesehatan mental dapat berfungsi sebagai alat pendidikan dan kesadaran. Mereka dapat membantu individu memahami gejala-gejala kesehatan mental, mengenali perubahan dalam pikiran dan perilaku mereka sendiri, dan memotivasi mereka untuk mencari bantuan jika diperlukan.

Pengumpulan Data Populasi

Tes kesehatan mental juga dapat digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data tentang prevalensi gangguan kesehatan mental dalam populasi tertentu, faktor-faktor risiko yang terkait, serta respons terhadap intervensi.

2 dari 6 halaman

Denpasar Mental Health Centre (DMHC)

Tes Kesehatan Mental © Diadona© denpasarmentalhealthcentre.my.id

Tes kesehatan online pertama yang bisa kamu coba yaitu Denpasar Mental Health Centre (DMHC). Pusat kesehatan mental yang berbasis di kota Denpasar ini memeiliki tes secara online dan gratis yang bisa kamu coba.

Berikut ini langkah-langkah melakukan tes kesehatan mental di DMHC:

1. Pertama, kamu perlu melakukan pendaftaran dan mengisi formulir yang disediakan untuk memulai tes.

2. Setelah itu, tes psikologi akan dievaluasi untuk menentukan hasilnya.

3. Hasil tes tersebut kemudian dapat digunakan sebagai acuan untuk konsultasi lebih lanjut dengan tenaga profesional di DMHC, baik psikiater maupun psikolog.

Melakukan konsultasi dengan tenaga ahli merupakan bagian penting dari tes kesehatan mental di DMHC. Kamu bisa membahas hasil tes, wawancara, serta melakukan pemeriksaan fisik dan mental dengan tenaga ahli tersebut. Berasal dari konsultasi tersebut, diagnosis dapat ditetapkan dan rencana terapi yang sesuai dengan kebutuhan individu dapat disusun.

Kamu bisa melakukan tes kesehatan mental di DMHC dengan klik di sini.

3 dari 6 halaman

Airlanga Safe Space

Tes Kesehatan Mental © Diadona© airlanggasafespace.com

Airlangga Safe Space merupakan platform tentang kesehatan mental yang diinisiasi oleh Badan Eksekutif Masyarakat Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Tujuan utama dari program ini adalah demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mentaldi kalangan mahasiswa dan remaja beserta edukasi yang cocok.

Berikut ini adalah cara melakukan tes kesehatan mental di Airlanga Safe Space:

1. Pengguna akan diminta untuk mengisi data diri dengan akurat sebelum menjawab serangkaian pertanyaan yang disajikan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dirancang untuk menggambarkan kondisi mental pengguna sebenarnya.

2. Setelah selesai menjawab pertanyaan, hasil tes akan dikirim melalui e-mail dalam beberapa hari.

3. Hasil tes tersebut akan memetakan kesehatan mental pengguna dalam kategori rendah-tinggi, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi mental mereka saat ini.

Kamu bisa melakukan tes kesehatan mental di Airlanga Safe Space dengan klik di sini.

4 dari 6 halaman

Pijar Psikologi

Tes Kesehatan Mental © Diadona© pijarpsikologi.org

Kamu bisa melakukan tes kesehatan mental di Pijar Psikologi. Pijar Psikologi merupakan tempat atau wadah akan edukasi tentang mental health serta memberikan akses yang mudah untuk masyarakat tentang isu tersebut. Pijar Psikologi memiliki tujuan yaitu menghilangkan stigma tentang mencari bantuan psikologis.

Penting untuk dicatat bahwa tes yang disediakan oleh Pijar Psikologi, termasuk skrining BDI, masih dalam proses pengembangan. Beck Depression Inventory (BDI), sebagai bagian dari tes psikometri, diimplementasikan untuk mengukur tingkat depresi. Walaupun begitu, hasil tes di Pijar Psikologi lebih baik tidak dijadikan acuan utama. Sangat disarankan untuk menghubungi tenaga ahli.

Kamu bisa melakukan tes kesehatan di Pijar Psikologi dengan klik di sini.

5 dari 6 halaman

BagiKata

Tes Kesehatan Mental © Diadona© bagikata.com

Selanjutnya ada dari BagiKata. BagiKata menyediakan tes kesehatan mental yang menggunakan Self-Reporting Questionnaire (SRQ). SRQ merupakan alat yang dikembangkan oleh WHO untuk menilai mental health.

Hasil tes ini tidak bertujuan sebagai diagnosis, melainkan sebagai gambaran kondisi kesehatan mental seseorang untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang diri sendiri. Maka dari itu, kamu masih butuh tenaga profesional atau ahli untuk mengetahu lebih dalam tentang kondisi diri sendiri.

Kamu bisa melakukan tes kesehatan mental di BagiKata di sini.

6 dari 6 halaman

Aplikasi Sehat Jiwa

Tes Kesehatan Mental © Diadona© play.google.com

Berikutnya ada Aplikasi Sehat Jiwa yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Aplikasi Sehat Jiwa merupakan bentuk inovasi dari pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan terutama untuk kaum lansia.

Di Aplikasi Sehat Jiwa, terdapat tiga jenis pemeriksaan yang mencakup daya ingat, kondisi mental emosional, dan tingkat depresi seseorang. Kamu bisa melakukan tes kesehatan mental dengan meng-instal Aplikasi Sehat Jiwa di Play Store.

Itulah beberapa platform yang bisa kamu coba untuk melakukan tes kesehatan mental. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar