Ternyata Makan Sendirian Berdampak Buruk ke Dirimu

Reporter : Riza Umami
Senin, 30 Desember 2019 11:06
Ternyata Makan Sendirian Berdampak Buruk ke Dirimu
Suka makan sendiri? Ternyata hal itu kurang bagus untuk dirimu sendiri jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini ulasannya.

Makan sendirian mungkin pernah kamu mengalami atau sedang mengalami. Sebenarnya makan sendiri adalah hal sepele yang kadang dilakukan orang-orang. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang makan sendiri seperti sedang tak ada teman untuk diajak beli makan, di kos sendiri, gantian makan dengan teman kerja yang lain, hidup sendiri atau berbagai alasan lainnya.

Dikutip dari Global News, Kate Mulligan, seorang profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Toronto mengatakan bahwa orang zaman sekarang lebih suka memesan makanan via berbagai aplikasi online sekarang ini, bahkan mereka tidak memasak di rumah, kos atau kontrakannya.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan makan sendirian berdampak buruk pada diri. Menurut Kate Mulligan salah sau alasannya karena makan sendirian berkorelasi dengan kesepian secara umum. Memang benar jika terus-menerus makan sendirian setiap hari, seseorang tentu akan merasa kesepian karena tidak ada yang menemani atau diajak berbincang setelah makan.

Orang yang makan sendiri juga cenderung memilih makanan yang praktis tetapi enak seperti junk food karena dia bebas memilih makanan apa yang dia inginkan tanpa memikirkan masalah kesehatan. Sebuah penelitian di Korea menyimpulan bahwa orang yang makan sendiri memiliki asupan gizi di bawah jumlah yang disarankan. Studi di UK juga menemukan fakta bahwa orang dewasa yang makan sendirian berisiko kualitas diet yang rendah.

Sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa hidup dan makan sendirian akan meningkatkan risiko depresi kepada orang dewasa atau yang lebih tua karena rasa kesepian dan juga perasaan terisolasi dari lingkungan sosial. Berdasarkan studi tersebut jelas bahwa makan sendirian yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama akan berdampak buruk pada kesehatan.

Melihat berbagai studi dan penelitian yang telah dilakukan di beberapa negara maka bisa disimpulkan bahwa makan sendirian ini memang berdampak kurang baik kepada diri. Namun, tak apa jika itu hanya dilakukan satu atau dua kali yang terpenting kamu tidak makan sendirian terus-menerus dalam waktu yang lama.

Kalau kamu punya cerita tentang makan sendiri dalam waktu yang cukup lama tulis di bawah ini, ya.

Beri Komentar