Ternyata Ini 10 Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 28 Mei 2020 17:29
Ternyata Ini 10 Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah dan Cara Mengatasinya
Ternyata ini loh girls penyebab haid tidak teratur.

Penyebab haid tidak teratur bisa bermacam-macam, mulai dari kecapekan, stres dan sebagainya. Telat haid setelah menikah juga hal lumrah loh. Bukan hanya tanda kehamilan tapi juga bisa disebabkan hal lainnya.

Siapa nih yang sudah panik kalau telat haid? Siklus setiap perempuan itu beda-beda girls, bahkan ada yang maju dan mundur. Normalnya, siklus haid terjadi 21-35 hari dihitung dari hari pertama di bulan menstruasi. Nah tapi kalau telat berhari-hari bisa jadi karena beberapa hal.

1 dari 6 halaman

Apa Penyebab Haid Tidak Teratur?

Ilustrasi Wanita Bingung MikirIlustrasi Wanita Bingung Mikir © blog.theteamw.com
Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa saja terlalu cepat, lebih lambat atau lewat beberapa bulan. Biasanya dibilang tidak teratur kalau terjadi lebih dari 21 atau 35 hari. Kita bahas hal-hal yang jadi penyebab haid tidak teratur, yuk!

Kehamilan


Memang sih kehamilan bisa jadi faktor pertama yang jadi penyebab haid tidak teratur siklusnya. Apalagi setelah menikah, wajar saja ya menantikan buah hati. Tapi untuk memastikannya periksa terlebih dulu ya.

Menopause


Menjelang menopause bisa jadi menstruasi tidak lancar. Soalnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh tidak teratur. Eits.. menopause juga bisa dialami di usia lebih awal loh girls!

2 dari 6 halaman

Pola Hidup


Yap, ini ngaruh banget dalam penyebab haid tidak teratur. Malas berolahraga bisa jadi faktor haid yang siklusnya berantakan, tapi kalau olahraga berlebihan juga nggak baik. Berat badan turun drastis bisa menyebabkan menstruasi nggak lancar. Begitu pula dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Stres


Ini nih salah satu penyebab haid tidak teratur yang paling umum. Kalau kamu stres, hormon dan hipotelamus yaitu bagian otak yang bertanggung jawab tentang siklus haid akan terganggu. Semakin kamu pikirin kenapa nggak haid, malah makin stres loh!

Bahkan nih girls, kadang gejala hamil palsu bisa muncul saat kamu stres. Jadi coba lebih rileks dan olahraga teratur ya!

3 dari 6 halaman

Alat Kontrasepsi


Apakah kamu pakai alat kontrasepsi? Kalau iya bisa jadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Soalnya ada kandungan hormon estrogen dan progesteron yang mencegah indung telur melepaskan sel telur pada pil KB atau pil pencegah kehamilan. Sehingga bisa memengaruhi siklus menstruasimu.

Ada jenis lain alat konstrasepsi, misalnya KB suntik dan IUD (spiral). Nah IUD ini bisa menyebabkan darah yang keluar banyak dari biasanya atau nyeri perut saat menstruasi. Tapi bisa juga darah yang keluar sedikit.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)


Pernah dengar sebelumnya nggak? Yap, sindrom PCOS yang bisa disebut sindrom ovarium polikistik ini adalah kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga mengganggu indung telur. Akibatnya siklus menstruasi bisa tidak teratur, telat bahkan sama sekali tidak haid. Beberapa perempuan dengan PCOS biasanya juga mengalami tumbuh kumis atau di bagian tertentu lainnya.

Masalah Tiroid


Kalau kamu punya masalah pada leher yang ada kelenjar tiroidnya dengan tugas memproduksi hormon yang bisa mengatur metabolisme tubuh, juga bisa jadi pemicunya. Kalau tiroid bermasalah, siklus menstruasi pun akan terpengaruh.

4 dari 6 halaman

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

Ilustrasi pasangan ngobrol seriusIlustrasi pasangan ngobrol serius © Astrology Bay
Selain hal-hal yang secara umum sudah dibahas jadi penyebab haid tidak teratur, ada juga faktor lainnya. Penyebab siklus menstruasi tidak teratur setelah menikah bisa jadi karena hal-hal ini loh, cek yuk!

Stres karena Awal Pernikahan


Perubahan kebiasaan hidup setelah menikah menurut penelitian bisa membawa tekanan emosional yang mengganggu hormon. Tinggal di tempat abru bersama orang baru, mengonsumsi makanan baru, kegiatan harian yang baru bersama suami nisa jadi terasa berlebihan bagi beberapa pasangan. Kamu juga merasakannya nggak nih?

Honeymoon Blues


Perempuan nggak hanya mengalami baby blus saja, tapi juga bisa honeymoon blues. Situasi dimana merasa kelelahan efek persiapan pernikahan yang menyita waktu dan pikiran bisa disebut honeymoon blues. Bisa juga dialami setelah liburan dan kembali ke kehidupan nyata lalu merasa lelah. Inilah yang bisa jadi penyebab haid tidak teratur di awal pernikahan.

Perubahan Berat Badan


Menurut beberapa penelitian, perempuan cenderung berpeluang mengalami peningkatan berat badan setelah menikah. Kalau meningkat secara signifikan bisa memengaruhi siklus menstruasi.

5 dari 6 halaman

Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

 Ilustrasi Wanita SedihIlustrasi Wanita Sedih © shutterstock.com

Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan buat kamu yang baru saja menikah dan penyebab haid tidak teratur. Olaharaga, mengonsumsi makanan bernutrisi dan mengatasi stres dengan baik. Selain itu juga bisa dengan membangun kepercayaan sama pasangan girls.

Memang sih banyak hal yang bisa dikhawatirkan setelah menikah, seperti khawatir sisi burukmu nggak diterima pasangan. Bisa juga ditambah kondiis menikah terlalu muda, konflik dengan mertua dan ipar hingga masalah ekonomi.

 

6 dari 6 halaman

Sebaiknya, coba bicarakan dengan pasangan dan buat rencana bersama. Memberi dukungan satu sama lain juga penting loh girls untuk mengatasi penyebab haid tidak teratur saat baru menikah.

Jadi itu tadi hal-hal yang bisa jadi penyebab haid tidak teratur, apalagi setelah baru menikah. Wajar sih, tapi jangan dibiarkan begitu saja ya. Kalau masih berlanjut bisa konsultasi dengan dokter juga.

Beri Komentar