Sering Skip Sarapan? Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh Dalam Waktu Lama Berikut Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 18 Oktober 2020 17:25
Sering Skip Sarapan? Ketahui Dampak Buruknya Bagi Tubuh Dalam Waktu Lama Berikut Ini
Tak merasa lapar bukan berarti tubuh tak membutuhkan sarapan ya, guys.

Sarapan adalah sumber energi terbesar untuk beraktifitas sepanjang hari. Namun banyak dari kita yang sering melewatkan sarapan. Entah itu karena terburu-buru atau hanya karena tidak merasa lapar.

Padahal untuk mencukupi nutrisi tubuh sarapan jadi faktor yang penting lho. Jika sering kali di skip atau dilewatkan, hal ini dapat mengganggu kesehatan dalam jangka waktu panjang lho. Kok bisa ya?

1 dari 2 halaman

Pentingnya Sarapan

Ilustrasi Sarapan Bareng OrangtuaIlustrasi Sarapan Bareng Orangtua © scmp.com

Menurut dr. Sungadi Santoso, semua orang beraktifitas setiap hari. Untuk melakukan aktifitas ini, tubuh membutuhkan energi. Nah jika melewatkan sarapan, mungkin awalnya tubuh akan beradaptasi.

Namun hal ini akan berdampak panjang, tapi seiring bertambahnya usia akan nampak beberapa perbedaannya. Misalnya seperti tubuh lebih cepat lemas, rambut putih lebih cepat tumbuh, dan lainnya. Hal-hal tersebut lah yang dapat menjadi efek dari melewatkan sarapan.

" Tujuan sarapan pagi sebenarnya adalah untuk memenuhi nutrisi harian anda." ucap dr. Sung.

2 dari 2 halaman

Sarapan Bernutrisi

Ilustrasi Makanan SehatIlustrasi Makanan Sehat © Unsplash

 

Sarapan sering kali dianggap " Makan apa saja, asal perut terisi" , hal ini pun membuat banyak orang memilih sarapan hanya dengan teh, kopi, susu atau mungkin dengan makanan praktis seperti sosis, nugget dan telur.

Padahal penting lho untuk memilih sarapan yang bernutrisi. Beberapa kandungan yang perlu diperhatikan adalah vitamin, mineral, karbohidrat dan yang terpenting adalah protein.

Jika tak dapat menyiapkan sarapan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dr. Sung pun menyarankan untuk mengonsumsi supplemen untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin." Pilihlah supplemen yang alami, bukan yang sintetis. Karena yang alami berasal dari tumbuh-tumbuhan dan itu baik untuk tubuh." jelas dr. Sung.

Nah jadi itu dia dampak dan sarapan bernutrisi yang sebaiknya kita konsumsi. Jadi jangan melewatkan sarapan lagi ya!

 

Beri Komentar