Sering diabaikan, 4 Perasaan Ini Bisa Jadi Ciri Depresi

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Selasa, 21 Januari 2020 18:16
Sering diabaikan, 4 Perasaan Ini Bisa Jadi Ciri Depresi
Jika kamu sering merasa tidak tahu apa yang kmau inginkan, bisa jadi itu ciri depresi.

Berbicara depresi mungkin merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dipahami. Kebanyakan depresi baru diketahui ketika sudah mencapai level yang lebih parah. Hal ini terjadi karena ciri-ciri awal depresi yang sangat halus dan tak kentara sehingga tidak bisa diatasi dengan cepat.

Mungkin ciri-ciri depresi yang kamu tau yaitu sering sedih, sering tiba-tiba menangis dna menyakiti diri sndiri. itu sudah termasuk ciri-ciri depresi yang parah. Dilansir dari yourtango.com, ini 4 tanda-tanda depresi yang mungkin kamu abaikan.

1 dari 4 halaman

Tidak Memiliki Pendapat

Sangat wajar sebenarnya jika kamu tidak memiliki pendapat dalam suatu hal, tapi hal ini harus diwaspadai sebab bisa menjadi salah satu ciri halus depresi.

Alasan utama orang tidak memiliki pendapat adalah ketakutan akan penolakan. Mungkin kamu takut ketika menyampaikan pendapat namun tidak disetujui dan dapat penolakan. Hal ini yang sering membuat beberapa orang tutup mulut akan pendapatnya.

menjadi lebih nyaman untuk tidak mengungkapkan pendapat dari pada berpotensi ditentang. Karena konflik membuatmu tidak nyaman sehinga kamu lebih memilih untuk tidak mengungkapkan perasaanmu. Namun hal ini sering berubah menjadi kesalah pahaman, seperti " saya berharap kamu bisa mengerti saya" padahal kamu tidak pernah mengekspresikan pendapatmu ke orang lain.

2 dari 4 halaman

Mengatakan "Aku Tidak Peduli"

Kata-kata 'aku tidak peduli' sering kali dilakukan untuk menghindari konflik diluar. Namun, hal ini malah memicu masalah batin pada diri kita.

Mengatakan hal itu berarti menyatakan bahwa kamu tidak penting dan apa yang kamu inginkan itu juga bukan berupakan hal yang penting. Sebaiknya jika kamu menghadapi sebuah masalah, selesaikan dengan cara baik-baik. Merasa tidak peduli hanya akan menunda penyelesaian masalah tersebut dan membuat gejolak batinmu semakin bertambah.

3 dari 4 halaman

Tidak Tahu Apa yang Kamu Inginkan

Mengatakan 'saya tidak tahu' mungkin akan terasa benar jika keluar dari mulut atau kita mendengar isi kepala, namun itu adalah sebuah kebohongan. Kurangnya kejelasan tentang apa yang kamu inginkan itu berasal dari ketidak mampuanmu untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan kepada orang lain.

Mulai sekarang, cobalah mengekspresikan diri kepada keluarga maupun lingkungan sekitar. Walaupun awalnya akan sedikit sulit, namun ini akan membantu batinmu agar lebih lega.

4 dari 4 halaman

Kurang Memiliki Tujuan

Merasa tidak memiliki tujuan juga merupakan salah satu ciri halus dari depresi. Tak ada pendapat yang kuat, keinginan kuat, dan juga emosi yang kuat membuat kamu tidak mengetahui tujuanmu.

Sebenarnya tujuan itu pasti ada, hanya sejauh ini kamu tertekan oelh depresi sehingga tidak bisa melihat dan juga merasakannya.

Jika kamu mn=erasa sering mengalami 4 hal diatas, cobalah untuk berubah pelan-pelan. Mulai terbuak ke kelurga, sahabat atau pasangan juga bisa jadi jalan utuk menghindarimu dari depresi. Semangat terus ya!

Beri Komentar