Semakin Tua Mata Jadi Berair Sendiri, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 31 Desember 2020 16:27
Semakin Tua Mata Jadi Berair Sendiri, Kenapa Ya?
Bukannya sedih apalagi nangis, tiba-tiba ada air mata aja gitu.

Ketika umur sudah mencapai senja, banyak sekali yang berubah pada tubuh. Salah satunya adalah mata. Ketika sudah tua, banyak sekali yang mengalami mata berair. Berkaca-kaca seakan sedang sedih atau terharu, padahal memang begitu keadaannya.

Air mata memang penting, berguna untuk membersihkan debu dan pertikel lainnya untuk mengaja mata. Namun ketika sudah tua, air mata akan keluar dengan sendirinya, yang jatuhnya berarti berlebihan.

Kenapa ya bisa seperti ini?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Air Mata OrangtuaIlustrasi Air Mata Orangtua © Shutterstock

Ternyata melansir dari Very Well Health, hal ini dikarenakan kebanyakan orang yang sudah tua mempunyai mata kering. Sedangkan mata kering adalah penyebab paling umum yang menyebabkan mata berair. Istilah ini disebut dengan sindrom mata kering.

Banyak hal yang bisa menyebabkan mata kering. Namun penyebab yang paling umum adalah masalah pada kelenjar Meibom di tepi kelopak mata bawah. Sedangkan kelenjar Meibom ini berguna untuk melumasi mata karena zat minyaknya.

2 dari 3 halaman

Ketika kelenjar tersebut rusak atau mengalami meibomian gland dysfunction (MSG, mata jadi nggak bisa terlumasi secara maksimal. Sehingga mata pun menjadi kering, malah malah bikin mengeluarkan air mata berlebihan.

Mata berair memanglah nggak berbahaya. Namun tetap saja menjengkelkan. Beberapa memang bisa diatasi secara medis. Namun memang beberapa lainnya diakibatkan karena penuaan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi mata kering yang membuat air mata keluar terus, khususnya untuk lansia. Seperti mengenakan kacamata hitam atau bahkan menggunakan obat tetes mata.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab air mata berair sendiri bukan hanya mata kering ya. Bisa juga karena alergi, pengaruh obat, infeksi, bahkan bulu mata tumbuh ke dalam.

Namun yang paling penting, temui dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Beri Komentar