Punya Gigi Sensitif Gak Boleh Makan Manis, Benar Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 1 September 2021 12:27
Punya Gigi Sensitif Gak Boleh Makan Manis, Benar Gak Sih?
Padahal enak ya. Huhu

Mungkin sebagian besar dari kalian mempunyai gigi yang baik-baik saja. Namun, sebagian orang lainnya memiliki masalah terhadap gigi mereka. Salah satunya adalah memiliki gigi yang sensitif. Ketika makan makanan dan minuman tertentu, seperti yang manis-manis misalnya, gigi sering terasa ngilu banget.

Kalau udah gini, apakah orang dengan gigi sensitif harus benar-benar gak makan makanan manis sama sekali?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Gigi Ngilu © Diadona

Melansir dari Hellosehat.com, makan manis memang membuat seseorang dengan gigi sensitif merasakan ngilu. Sementara gigi sensisitf biasanya disebabkan oleh terbukanya lapisan kedua gigi, yaitu dentin, yang strukturnya lebih lunak dari email, serta punya lubang-lebang kecil berupa cairan yang langsung berhubungan dengan saraf gigi.

Makanya, ketika ada rangsangan yang masuk pada mulut, terutama makanan manis, gigi langsung ngilu karena langsung diteruskan ke saraf. Sementara makanan manis bisa menyebabkan penurunan pH di dalam mulut. Mulut pun jadi asam.

 

2 dari 4 halaman

Jika keadaan tersebut terjadi berulang-ulang, maka gigi akan mengalami demineralisasi, yaitu berkurangnya mineral lapisan gigi. Kemudian, ujung-ujungnya gigi akan berlubang. Makanya, memang sebaiknya penderita gigi sensitif menghindari dulu makanan manis juga asam, karena bisa merusak lapisan email gigi.

Untuk mengatasi gigi sensitif dan ngilu agar bisa makan dengan nyaman, kamu dianjurkan untuk melakukan langkah pencegahan biar gak sering kambuh. Disiplin adalah kunci. Kamu bisa beralih ke pasta khusus untuk gigi sensitif saat menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dengan perlahan.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Makanan Manis © Diadona

Selain itu, kamu perlu melakukan flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan benang). Tak lupa dengan banyak minum air putih, ya! Selain itu, memang jika ada masalah gigi, dianjurkan untuk periksa ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jika sudah, jangan lupa buat jadwal kunjungan gigi secara teratur!

Selain makanan manis, kamu juga perlu mengurangi makanan dan minuman ini yang bisa merusak gigi, terutama bagi kamu yang punya gigi sensitif. Seperti es batu, makanan bertepung, kopi dengan gula, minuman bersoda, serta minuman beralkohol.

Beri Komentar