Padahal di Rumah Aja, Tumit Kenapa Bisa Pecah-Pecah?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 3 September 2020 15:27
Padahal di Rumah Aja, Tumit Kenapa Bisa Pecah-Pecah?
Selain sakit, kan bikin penampilan nggak pede

Ketika saya sedang men-scroll media sosial twitter, muncul pertanyaan dari seorang warganet yang tidak diketahui namanya itu. Saya lupa pertanyaan tepatnya apa, tapi intinya begini: tumitnya pecah-pecah padahal dirinya di rumah aja.

1 dari 4 halaman

Saya pun kepikiran setelah beberapa jam membaca pertanyaan tersebut. Saya pun mencari kata kunci tersebut di Google dan menemukan jawabannya di Kompas.com.

Ternyata, tumit memang adalah bagian tubuh yang paling kering, dan oleh karenanya sering mengalami pecah-pecah.

2 dari 4 halaman

Ternyata penyebabnya sederhana menurut dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp. KK. Bahkan, tumit bisa pecah-pecah di rumah karena penyebab. Ya, penyebabnya adalah kebiasaan tidak memakai alas kaki.

" Kulit kalau bergesekan dengan keramik bisa menyebabka npanas, sehingga kulit kaki pecah-pecah," jelasnya di acara peluncuran Vaseline Repairing Jelly di Jakarta.

Makanya, menurut dia, meski di dalam rumah yang sudah dibersihkan, sebaiknya tetap menggunakan alas kaki agar kesehatan tumit tetap terjaga.

3 dari 4 halaman

Dia menambahkan penyebab lain tumit pecah-pecah. Penggunaan sepatu berbahan keras atau sempi bisa menjadi penyebabnya. Karena, lapisan pelingung kulit bisa rusak dan menyebabkan penguapan air. Kulit pun menjadi kering, kasar, dan pecah-pecah.

Untuk mencegahnya, dr. Jacoeb menyarankan untuk menggunakan pelembab kulit khusus tumit. Misalnya saja pelembab yang bersifat oklusif seperti potroleum jelly murni.

" Dibandingkan losion, petroleum jelly bisa menyerab lebih dalam dan mampu memberi lapisan leindung kulit untuk mencegah penguapan air. Kulit jadi lebih lembab," jelasnya.

Beri Komentar