Bukan Bikin Awet Muda, Ternyata Olahraga Bisa Buat Terlihat Tua!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 2 September 2020 15:27
Bukan Bikin Awet Muda, Ternyata Olahraga Bisa Buat Terlihat Tua!
Wah, kok bisa?

Olahraga memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan mental. Tak sedikit juga yang menyebut bahwa olahraga bikin awet muda. Tapi ternyata, olahgara bisa bikin terlihat tua lho! Tapi, melansir dari The Healthy, kalau melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini!

1 dari 7 halaman

1. Dengan Postur Buruk

Ilustrasi Postur Tubuh © Diadona

Kayaknya bakal percuma kalau olahraga terus tapi terus mempertahankan postur buruk. Tak hanya ketika olahraga, hal ini berlaku bahkan hanya untuk ketika jalan-jalan, atau duduk di depan meja.

Untuk itu, berlatihlah untuk memulihkan postur tubuh kembali. Bisa dengan yoga, pilates, atau balet yang mempelajari prinsip-prinsip penyelarasan.

2 dari 7 halaman

2. Terlalu Intens

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Jangan terlalu intens saat berolahraga, kasihanilah tubuh. Istirahat itu perlu. Kalau tidak, hal ini hanya kana meningkatkan kadar kortisol dalam darah.

" Ini akan memiliki efek melawan insulin dan meningkatkan gula darah. Gula ini melalui proses dan berakhir sebagai produk yang dikenal sebagai produk Akhir Glikasi Lanjutan (AGEs). AGEs kemudian mengikat antara serat kolagen yang menyebabkan berkurangnya elastisitas, bercak, dan kerutan diri," ucap terapis olahraga dan rehabilitasi, Jav Asaro.

3 dari 7 halaman

3. Kardio dan Jarang Latihan Kekuatan

Ilustrasi Wanita Kardio © Diadona

Kardio memang olahraga yang baik. Tapi kalau hanya kardio dan tidak latihan kekuatan, seperti sia-sia. Padahal, latihan kekuatan itu mengencangkan otot dan membakar kalori, walau tidak sedang berolahraga.

" Mempertahankan otot Anda, ada gilarannya, akan membuat Anda tetap terlihat muda. Aktivitas sederhana ini akan mencegah kelihantan otot terkait usia," ujar ahli diet terdaftar Abbott, TIffany Dewitt.

4 dari 7 halaman

4. Mengabaikan Latihan Dasar Panggul

Banyak orang pasti yang tidak memperhatikan dasar panggul. Padahal, latihan di bagian tersebut penting sekali. " Abaikan otot dasar panggul Andan dan bisa berakhir dengan perut bulat lembut yang banyak dialami wanita setelah usia paruh baya, serta inkontinensia urin," ujar Guy Andrews, MA, CSCS.

Pertahankan bagian ini dengan latihan tiga set 10 Kegels, tiga kali sehari, setiap hari bahkan direkomendasikan. Atau, tanda-tanda wajah menua akan muncul lebih cepat dari sebelumnya.

5 dari 7 halaman

5. Lewatkan Latihan Interval Intensitas Tinggi

Ilustrasi Bersepeda © Diadona

Ternyata, melakukan latihan interval intensitas tinggi bisa melawan tanda-tanda penuaan. Seperti bersepeda, atau treadmill dua hari setiap minggu.

6 dari 7 halaman

6. Stres Masih Hinggap

Ilustrasi fitness © Diadona

Meskipun olahraga terus tapi dijalani dengan perasaan stres yang tak kunjung hilang, hanya akan bikin terlihat tua. Pilihlah latihan yang bisa menghilangkan stres seperti yoga, atau seni bela diri.

Beri Komentar