Orang Bergolongan Darah O Lebih Sering Digigitin Nyamuk, Emang Enak!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 6 Maret 2020 07:00
Orang Bergolongan Darah O Lebih Sering Digigitin Nyamuk, Emang Enak!
Golongan darah kamu O? Bisa jadi itu alasan kenapa banyak nyamuk yang nemplok di kulitmu.

Pernah nggak heran di suatu tempat, kamu sering banget digigitin nyamuk, tapi sedangkan kerabat-kerabatmu jarang malah hampir nggak pernah.

Bukannya apa-apa, tapi capek kan ya nepokin kulit diri sendiri berulang kali. Udah gitu, sakit pula!

1 dari 4 halaman

Kamu bergolongan darah O? Yah, pantas saja. Ternyata, nyamuk-nyamuk suka nemplok di kulit orang yang bergolongan darah O.

Pernyataan ini berdasarkan sebuah penelitian lho! Dilansir dari Curiosity.com, penelitian tersebut dipublikasikan di Journal of Medical Entomonology pada tahun 2004.

Para peneliti meminta para sukarelawan untuk memasukkan tangan mereka ke dalam akuarium yang berisikan 35 nyamuk, dan mereka mencatat berapa jumlah nyamuk yang hinggap di kulit pada masing-masing orang.

Hasilnya, para nyamuk itu hinggap dua kali lipat pada orang bergolongan darah O ketimbang dari golongan darah A, dengan perbandingan 83 persen dan 47 persen. Sedangkan golongan darah B atau AB berada di tengah-tengahnya.

Nah, udah tahu kan kenapa golongan O disukain banget sama nyamuk-nyamuk?

2 dari 4 halaman

Faktor Lain Sering Digigitin Nyamuk

via GIPHY

 

Tapi kalau kamu nggak bergolongan darah O dan tetap aja sering digigitin nyamuk, bisa jadi mereka tertarik dari faktor-faktor lain pada diri kamu.

Nyamuk itu senang banget sama CO2 atau karbon dioksida. Jadi kalau kamu banyak banget bernapas dari orang pada umumnya, kamu juga akan mengeluakan banyak karbon dioksida, dan itu sangat menarik perhatian para serangga kecil termasuk nyamuk.

3 dari 4 halaman

Bisa juga karena kamu senang banget olahraga. Lho, apa hubungannya? Gini, orang yang suka berolahraga akan memiliki lebih banyak lactic acid dan suhu badan yang tinggi, yang menjadi penarik perhatian bagi para nyamuk.

Jangan salah, bakteri juga masuk dalam daftar. Pernah nggak bertanya-tanya kaki kamu sering jadi sasaran? Ya karena biasanya kaki jarang banget dibersihkan dibandingkan tangan, ya kan?

4 dari 4 halaman

Itulah kenapa kamu sering banget digigitin nyamuk, terutama yang bergolongan darah O. Kamu sering digigitin nyamuk nggak? Sharing di kolom komentar dong!

Beri Komentar