Ngerasa Geli Tiap Dengerin Suara Diri Sendiri, Kamu Gitu Juga Nggak?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 7 Maret 2020 11:46
Ngerasa Geli Tiap Dengerin Suara Diri Sendiri, Kamu Gitu Juga Nggak?
Kamu pernah dengerin suara kamu sendiri kan?

Sekali waktu coba deh dengerin suara kamu sendiri. Kalau saya biasanya sih ketika mengirimkan voice note atau rekaman yang lainnya pada teman, tentu rekaman ini saya dengarkan ulang. Apa sudah sesuai atau belum. Tapi nggak tau kenapa, tiap dengerin suara diri sendiri selalu aja rasanya cringe alias geli banget. "Kok suaraku begini ya?"

Ternyata memang ada penyebabnya lho. Kamu tau nggak suara diri kita sendiri yang kita dengarkan, bisa jadi terdengar berbeda di telinga orang lain. Jadi kita mendengarkan suara yang berbeda dengan apa yang didengar orang lain. Hah? Gimana?!

1 dari 3 halaman

via GIPHY

Iya, dilansir dari signiahearing.com, ketika berbicara pita suara kita menghasilkan getaran. Getaran ini membawa kata, frasa dan suara ke rumah siput orang lain untuk selanjutnya disalurkan ke otak.

Saat kita berbicara hal itu juga terjadi pada kita. Namun ternyata kita nggak mendengarkan suara kita dari satu sumber saja, karena pita suara kita juga menghasilkan getaran yang disalurkan melalui tulang-tulang. Begitu sampai di tengkorang, ruang akustik rongga kepala kita menurunkan frekuensi pendengaran sebelum di kirim ke sistem pendengaran kita.

 

2 dari 3 halaman

via GIPHY

Akibatnya kita bisa mendengar suara kita lebih ngebass atau lembut, pokoknya terdengar lumayan bagus lah. Padahal orang lain mendengar suara yang berbeda dengan kita. Jadi orang lain hanya mendengar suara kita dari satu sumber, sedangkan kita mendengar suara kita sendiri dari dua sumber.

 

3 dari 3 halaman

Nah, suara ini yang kita dengar dari dua sumber ini lah suara biasa kita kenali dengan suara kita sendiri, dan otak terbiasa dengan suara ini. 

Sementara suara yang kita dengar di voice not whatsapp atau rekaman lainnya itu adalah suara kita yang biasa di dengar orang lain.

Jadi karena itu kita sering ngerasa aneh ketika denger suara kita lewat media rekaman lain. Ternyata kita selama ini dibohongi sama suara kita sendiri ya, kirain rekamannya yang rusak! haha.

Baca Juga Yuk: Kenapa Nyanyi di Kamar Mandi Berasa Suara Kita Lebih Merdu?

Beri Komentar