Mau Tetap Minum Kopi di Bulan Ramadan? Ikuti Tips Ini Biar Gak Dehidrasi

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 25 April 2021 08:27
Mau Tetap Minum Kopi di Bulan Ramadan? Ikuti Tips Ini Biar Gak Dehidrasi
Siapa nih yang nggak bisa lepas dari kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang sekarnag ini digemari banyak orang. Sebab, minuman ini bikin orang yang meminumnya mendaptkan energi dan semangatnya kembali untuk menjalani berbagai aktivias yang berat.

Namun, di bulan ramadan ini, tentu minum kopi harus menjadi pertimbangan. Sebab jika miminumnya secara asal, kopi bisa menyebabakan dehidrasi karena sifatnya yang diuritik.

Bukannya nggak boleh, tapi melansir dari Merdeka.com, ada caranya nih buat kamu yang tetap mau minum kopi di bulan ramadan tanpa merasa dehidrasi.

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK, dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah, mengungkapkan bahwa tak masalah untuk tetap minum kopi terutama saat berbuka puasa. Namun, kalau bisa dikurangi saja, itupun kalau ada masalah. Kalau tubuh nggak merasa masalah, bisa dilanjutkan takaran lama.

" Mungkin dapat dikurangi saja kumlah kopinya. Apabila mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh."

 

 

2 dari 3 halaman

Yang harus diperhatikan ini adalah ketika sahur. Hindari sebaik mungkin meminum kopi di saat sahur. Sebab bisa memberikan efek diuresis karena sifat diuritiknya, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi di tengah hari.

" Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberikan efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur."

 

Beri Komentar