Mata Suka Berkedut, Apa Perlu Khawatir?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 13:57
Mata Suka Berkedut, Apa Perlu Khawatir?
Meski terdengar sepele, jika sering kejadian lama-lama mata berkedut juga bikin khawatir. Namun, apa emang benar, mata berkedut harus dikhawatirkan?

Dalam beberapa waktu, setiap orang pasti pernah mengalami matanya berkedut. Banyak orang yang menganggap hal ini sebuah kejadian biasa. Tapi ketika keseringan terjadi, nggak sedikit juga yang mulai merasa khawatir: Jangan-jangan ada yang salah dengan kesehatan mata mereka?

1 dari 3 halaman

Fenomena Mata Berkedut

Dilansir dari The List (02/12), kedutan mata merupakan kejadian yang umum terjadi. Untuk istilah medis, kedutan mata biasa disebut dengan myokymia, yaitu kejang ringan secara nggak disengaja yang terjadi berulang kali. Yang cukup parah adalah ketika kedutan menyebabkan kedua mata tertutup sepenuhnya, dan untuk yang satu ini disebut blepharospasm.

" Kedutan pada mata bisa terjadi dalam beberapa kali kemudian berhenti, dan untuk beberapa orang hal ini bisa terjadi lagi bahkan di hari yang sama," jelas Mark Blecher, M.D, seorang ahli bedah mata.

2 dari 3 halaman

Penyebab Mata Berkedut

Untuk penyebab kenapa mata berkedut pun bermacam-macam. Bisa dikarenakan kelelahan, alkohol, kafein, rokok, stres, atau bahkan polusi udara. Para peneliti berkeyakinan bahwa hal ini berkaitan dengan masalah otot di sekitar mata, atau bisa jadi karena faktor gen tertentu.

Menjaga kesehatan hidup seperti tidur yang cukup, olahraga seperti yoga, tidak merokok, dan lain sebagainya kemungkinan dapat membantu menghentikan gejala kedutan mata. Jika kedutan terasa keras dan dirasa susah hilang, kamu bisa saja melakukan Botox. Botox berguna sekali karena dapat membantu menghentikan kontraksi otot-otot sekitaran wajah termasuk mata.

3 dari 3 halaman

Jadi, apakah kedutan mata perlu dikhawatirkan?

Secara umum sih, sebenarnya nggak. Tapi, kalau terlalu sering terjadi dan merasakan sesuatu yang serius akan terjadi, nggak ada salahnya kamu pergi ke dokter untuk sekadar memeriksa. Sehingga, kamu bisa mengatahui apa yang sebenarnya terjadi dengan matamu yang berkedut dan dapat penanganan yang tepat.

 

Kamu punya pengalaman seputar mata berkedut? Jangan lupa untuk kamu ceritain di kolom komentar, ya!

Beri Komentar