Marshanda Dikabarkan Hilang di Los Angeles saat Dalam Episode Manik, Kondisi Apa Sih Itu?

Reporter : Mila
Selasa, 28 Juni 2022 07:57
Marshanda Dikabarkan Hilang di Los Angeles saat Dalam Episode Manik, Kondisi Apa Sih Itu?
Sebenarnya kondisi manik itu apa sih?

Belum lama ini, Marshanda dikabarkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Kabar itu disampaikan oleh salah seorang teman Marshanda, Sheila Salsabila di Instagram pada Senin (27/6/2022).

Dalam unggahannya, Sheila juga mengatakan bahwa Marshanda tengah dalam Manic Episode atau Episode Manik. Lantas, kondisi apakah itu?

1 dari 4 halaman

Melansir healthline, Manic(Manik) atau Mania adalah kondisi psikologis yang menyebabkan seseorang mengalami euforia yang tidak wajar, suasana hati yang sangat intens, hiperaktif, dan delusi.

Episode manik atau mania ini adalah gejala umum dari gangguan bipolar. Seperti yang kita tahu, Marshanda memang mengidap bipolar sejak lama.

2 dari 4 halaman

Manik bisa menjadi berbahaya karena beberapa alasan. Misalnya, orang yang sedang manik mungkin tidak tidur atau makan karena sibuk beraktifitas.

Mereka juga mungkin terlibat dalam perilaku berisiko dan membahayakan dirinya sendiri. Hal tersebut karena orang dengan manik punya risiko lebih besar untuk mengalami halusinasi dan gangguan persepsi lainnya.

3 dari 4 halaman

Menurut Aliansi Nasional untuk Penyakit Mental, orang yang orangtua atau saudara kandungnya punya kondisi serupa lebih mungkin mengalami episode manik. Tapi, punya anggota keluarga dengan episode manik tidak berarti seseorang pasti akan mengalaminya.

Beberapa orang rentan terhadap episode manik karena kondisi medis atau penyakit kejiwaan yang mendasarinya, seperti gangguan bipolar.  

Perubahan lingkungan dan peristiwa kehidupan yang penuh tekanan bisa memicu mania. Contohnya seperti kematian orang yang dicintai, stres keuangan, hubungan, dan penyakit.

Beri Komentar