Gak Melulu Diet Ketat, Ini Deretan Camilan yang Bisa Turunkan Kolesterol

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 6 Februari 2023 19:03
Gak Melulu Diet Ketat, Ini Deretan Camilan yang Bisa Turunkan Kolesterol
Nggak melulu harus ninggalin kebiasaan ngemil kok guys.

Bagi kamu yang memiliki masalah kolesterol tinggi, kamu mungkin kebingungan untuk memilih camilan rendah kolesterol yang sehat, tapi tetap lezat. Bahkan, tidak sedikit orang yang justru menghentikan kebiasaan ngemil demi menjaga kadar kolesterolnya tetap normal.

Padahal, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ngemil tersebut untuk membantu menurunkan kolesterol, asalkan kamu memilihnya dengan bijak. Lantas, camilan apa saja yang baik untuk penderita kolesterol tinggi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Popcorn

Ilustrasi Popcorn

Camilan khas saat nonton film seperti popcorn dapat menjadi pilihan camilan rendah kolesterol. Menurut American Heart Association, popcorn berasal dari biji jagung utuh yang mengandung serat tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Popcorn dapat menjadi camilan sehat dan tepat jika diolah dengan cara yang benar. Alih-alih memakai mentega, kamu dapat menggunakan minyak zaitun dan sedikit keju parmesan untuk membuat popcorn lebih lezat namun tetap sehat untuk kamu.

2 dari 5 halaman

Keripik kentang

 

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, kamu memang dianjurkan untuk membatasi keripik kentang atau berbagai gorengan lainnya yang mengandung garam dan kolesterol tinggi. Namun, bukan berarti kamu lantas tak bisa makan keripik kentang selama-lamanya, lho!

Ya, kamu bisa membuat sendiri keripik kentang yang sehat dan aman untuk kolesterol kamu. Pada dasarnya, kentang mengandung rendah kalori dan tinggi serat, kalium, serta mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Maka itu, buatlah keripik kentang versi kamu sendiri dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun.

3 dari 5 halaman

Oatmeal

Cara Membuat Oatmeal

Jangan hanya menganggap oatmeal sebagai sarapan saja. kamu juga bisa menyajikan oatmeal sebagai menu camilan yang sehat, lho! Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol dan memindahkannya ke sistem pencernaan tanpa diserap oleh tubuh. Selain itu, serat dapat memicu produksi asam empedu yang dapat membantu menurunkan kolesterol baik (LDL). Maka itu, oatmeal bisa menjadi salah satu camilan rendah kolesterol yang patut kamu coba.

4 dari 5 halaman

Roti gandum

Kristi King, RDN, MPH, ahli gizi asal Houston mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa roti gandum utuh sangat baik untuk camilan penurun kolesterol. Ini karena gandum utuh mengandung sejumlah serat dan protein yang bermanfaat untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

Setiap satu iris roti gandum mengandung dua gram protein dan dua gram serat yang baik untuk pencernaan. kamu juga bisa menambahkan roti gandum dengan sedikit keju cheddar yang bermanfaat sebagai probiotik untuk kesehatan usus.

Beri Komentar