Makan Sehari Sekali agar Berat Badan Cepat Turun, Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 16 Oktober 2021 12:27
Makan Sehari Sekali agar Berat Badan Cepat Turun, Bagus Gak Sih?
Banyak orang yang ingin berat badannya turun dengan cepat, salah satunya dengan makan sehari sekali aja.

Mempunyai berat badan yang ideal adalah hal yang begitu diinginkan khususnya untuk kaum wanita. Ketika berat badan terarsa berlebihan, banyak di antara mereka yang menganggap hal tersebut bisa mengganggu penampilan. Sehingga, tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk melakukan berbagai cara agar berat badannya cepat turun.

Banyak di antara mereka yang melakukannya dengan makan sehari satu kali. Padahal, melansir dari Halodoc, hal tersebut justru bisa berdampak buruk untuk kesehatan lho!

 

1 dari 5 halaman

Metabolisme Tubuh Menurun

Ilustrasi Wanita MakanIlustrasi Wanita Makan © Shutterstock

Hal buruk yang bisa terjadi jika makan sehari sekali adalah metabolisme tubuh bisa berkurang. Untuk menjaga metabolisme tubuh, perlu mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Namun hal tersebut tidak didapatkan juga makan sehari satu kali. Bukannya kurus, kinerja organ tubuh malah menurun.

 

2 dari 5 halaman

Makan Berlebihan

Ilustrasi Wanita MakanIlustrasi Wanita Makan © Shutterstock

Padahal niatnya pengin cepat kurus dengan makan sehari sekali. Namun siapa sangka, hal tersebut justru malah bisa membuat kamu makan berlebihan nih. Sebab, ketika waktu makan tersebut tiba, kamu bisa makan berlebihan karena energi berkurang begitu banyak. Jadi kayak menyiksa diri gitu nggak sih?

 

3 dari 5 halaman

Lemas

Ilustrasi Wanita MakanIlustrasi Wanita Makan © Shutterstock

Energi tubuh didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan makan sehari sekali, berarti energi yang dimiliki tubuh pun menurun. Tubuh jadi kurang nutrisi sehingga bawaannya lemas terus. Kalau udah gini, biar bisa berenergi lagi justru dengan makan. Karena sudah terlanjur, takutnya malah makan berlebihan, dan malah naik berat badannya nih.

 

4 dari 5 halaman

Tubuh Kurang Nutrisi

Ilustrasi Wanita Makan SayuranIlustrasi Wanita Makan Sayuran © Shutterstock

Ya, lemas yang dirasakan karena hanya makan sehari sekali adalah karena tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin, protein, serat, dan mineral. Tubuh jadi tersiksa, dan belum tentu berhasil menurunkan berat badan, karena ada kemungkinan yang besar untuk makan lebih banyak karena merasa begitu lapar dan butuh asupan.

 

5 dari 5 halaman

Jadi, daripada makan sehari sekali, lebih baik mengontrol makanan dengan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk diet. Kamu juga bisa menambah dengan multivitamin tambahan, dengan olahraga yang dibutuhkan.

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar