Makan Pedas Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 10 November 2021 14:39
Makan Pedas Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
Katanya sih begitu, benar gak sih?

Banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan. Berbagai kabar mengenai hal ini pun bertebaran di mana-mana. Sebagai contohnya adalah mengenai untuk menurunkan berat badan, makan pedas aja biar cepat. Mungkin alasannya keringat yang keluar bisa berlebih, sehingga bisa menurunkan berat badan.

Namun, apakah benar makan makanan pedas bisa bantu turunkan berat badan?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Pedas © Diadona

Melansir dari Hellosehat, ternyata makanan pedas beneran bisa bantu turunkan berat badan. Bukan karena keluar keringat, melainkan karena zat capsaicin yang ada pada cabai, nih. Nah, zat inilah yang membuat sebagian besar diet menurunkan berat badan berhasil.

Sebab, zat capsaicin ini bikin perut terasa cepat kenyang. Penelitian yang diterbitkan di Clinical Nutrition yang terdapat 27 peserta mengatakan bahwa orang yang makan pedas lebih cepat kenyang dan puas, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi pedas.

 

2 dari 4 halaman

Ditambah lagi, dari penelitian lain juga dijelaskan bahwa orang yang makan makanan pedas cenderung lebih sedikit kemudian mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Dengan demikian, berat badan pun bisa menurun lebih cepat.

Disebutkan juga bahwa makanan pedas bisa membakar kalori lebih banyak berkat zat capsaicin yang ada pada cabai. Dengan begitu, jumlah hormon pun berubah menjadi cepat kenyang dan nafsu makan pun menurun.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Pedas © Diadona

Selain itu, metabolisme juga meningkat secara tidak langsung meningkat, yang juga bisa memengaruhi nafsu makan, dan lebih cepat membakar kalori. Diet untuk menurunkan berat badan pun jadi cepat berhasil.

Meski bisa membantu menurunkan berat badan, bukan berarti kamu bisa makan pedas berlebihan, ya. Sebab yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti diare.

 

Beri Komentar