Lebaran Jangan Sampai Kebablasan, Banyak Makan Olahan Gula Bisa Bahaya Buat Kesehatan!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 24 Mei 2020 07:27
Lebaran Jangan Sampai Kebablasan, Banyak Makan Olahan Gula Bisa Bahaya Buat Kesehatan!
Jangan kalap, ya!

Sesuatu yang manis emang enakin, bikin ketagihan. Apalagi dikit lagi lebaran, banyak kue manis nantinya yang akan disiapin. Abis sebulan puasa nggak makan sehari penuh, banyak yang jadi balas dendam alias makan berlebihan. Tapi kalau yang dimakan gula terus, merangkum dari Healthline, bahayanya bukan main, girls!

1 dari 7 halaman

Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Konsumsi makanan gula berlebihan juga bisa menyebabkan jerawat. Meski terlebih simpel, tentu saja ini bisa berpengaruh besar saat kamu menjalani kehidupan sehari-hari, bukan?

Makanan gula bisa meningkatkan kadar gula dan insulin dalam darah, sehingga menyebabkan peningkatan sekresi androgen, yang memproduksi minyak dan peradangan, yang sangat berperan menimbulkan jerawat.

2 dari 7 halaman

Bertambahnya Berat Badan

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Hal pertama yang bisa terjadi kalau kamu mengkonsumsi gula berlebihan adalah berat badan kamu bisa bertambah drastis. Makanan yang mengandung gula mengandung fruktosa. Sedangkan fruktosa meningkatkan rasa lapar dan berkeinginan untuk makan lebih.

Kalau sudah berlebihan, hal ini akan menyebabkan resistensi terhadap leptin, hormon penting yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuhmu untuk berhenti makan.

Intinya, meskipun makan banyak makanan gula, itu nggak bikin kamu kenyang. Sebaliknya, kamu akan berkeinginan untuk makan terus menerus dan sehingga badanmu pun akan bertambah drastis.

3 dari 7 halaman

Diabetes Tipe 2

Kalau berat badan udah naik drastis alias obesitas, kemungkinan besar yang terjadi selanjutnya kalau makan gula berlebihan adalah terkena diabetes tipe 2. Bahkan menurut sebuah penelitian, jus buah-buahan yang dicampur dengan banyak gula seperti yang kita tahu, itu bisa meningkatkan risiko diabetes, lho!

4 dari 7 halaman

Penyakit Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung © Diadona

Berlebihan gula sangat berhubungan dengan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit sebagai penyebab kematian nomor satu sedunia. Ya, itu adalah penyakit jantung.

Ada sebuah penelitian yang melibatkan 30.000 orang, dan hasilnya menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 17-12% dari gula tambahan punya risiko 38% persen lebih besar meninggal akibat penyakit jantung, dibanding mereka yang hanya makan 8 persen kalori dari gula tambahan.

5 dari 7 halaman

Depresi

ilustrasi depresi © Diadona

Kalau habis lebaran lalu kamu merasa seakan depresi, coba pikir-pikir lagi yang kamu makan. Banyak gula? Itu bisa jadi penyebabnya. Soalnya, makan dengan kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan peluang kamu mengalami depresi. Sebaliknya, diet yang sehat akan membaut suasana hati kamu baik.

6 dari 7 halaman

Kanker

Dan yang paling parah, kalau makan makanan yang banyak gula, kamu bisa terkena kanker lho! Pertama ini terkait obesitas akibat makan makanan banyak gula, yang bisa meingkatkan risiko kanker.

Peradangan dan resistensi insulin pun juga terjadi, dan keduanya bisa memicu risiko kanker. Kankernya pun bisa banyak macam, bisa kanker kerongkongan, kanker rongga dada, dan juga kanker usus. Dalam kasus wanita, jenis kanker yang dikembangkan adalah kanker endometrium.

 

7 dari 7 halaman

Selama bulan lebaran dan setelahnya, yuk kontrol makanan yang dikonsumsi. Jangan mentang-mentang udah nggak puasa jadi lahap begitu saja semua makanan manis yang ada di depan mata. Bahayanya kacau nanti!

Beri Komentar