Kumur Air Garam Ampuh Sembuhkan Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 6 September 2020 09:27
Kumur Air Garam Ampuh Sembuhkan Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?
Katanya sih bisa nyembuhin... emang bener?

Sakit gigi lebih perih dari sakit hati? Bisa jadi. Nyerinya bikin orang sampai guling-guling. Banyak yang bilang kalau sakit gigi, kumur air garam, biar sembuh. Tapi, apakah benar demikian?

1 dari 4 halaman

Mitos

Ilustrasi Wanita Sakit Gigi © Diadona

Ternyata, melansir dari Liputan6.com, seorang dokter gigi Callistra Argentina, lulusan Fakutltas Kedokteran Gigi Prof. DR. Moestopo Jakarta, mengatakan bahwa kabar ini hanyalah mitos belaka.

" Mitos aja deh, ya. Soalnya kalau dibilang fakta nanti disangkanya beneran," jawab Callista saat dihubungi Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Hanya Meredakan

Bukan menyembuhkan, tapi Callista mengungkapkan bahwa fungsi kumur air garam untuk sakit gigi adalah untuk meredakan sakit gigi tersebut. Biasanya gigi sakit karena berlubang, yang dimasuki oleh sisa makanan.

" Kalau misalkan kumur-kumur pakai air garam atau pakai air biasa, itu biasanya kalau kotorannya hilang, sakitnya akan berkurang.

Penyebab lainnya adalah karena gusi yang bengkak, yang bisanya terjadi setelah operasi gigi atau cabut gigi. Nah, gusi bengkak bisa diredakan dengan kumur air garam.

" Jadi tergantung kondisi penyebab sakit giginya," jawabnya.

3 dari 4 halaman

Segera Pergi ke Dokter Gigi

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Karena sifatnya hanya meredakan bukan menyembuhkan, Callista menganjurkan untuk segera pergi ke dokter, agar penangannya benar-benar betul dan sampai tuntas.

" Bukan cuma diobati gejalanya saja, tapi mengatasi dari sumbernya juga. Kalau enggak nanti bisa kambuh lagi," jelasnya.

Beri Komentar