Kenapa sih Mata Selalu Bengkak Sehabis Nangis? Kan Jadi Ketahuan!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 17 Maret 2020 08:16
Kenapa sih Mata Selalu Bengkak Sehabis Nangis? Kan Jadi Ketahuan!
"Hayo habis nangis ya?!"

Kita semua pasti pernah menangis. Entah itu menangis karena putus sama pacar, dapet nilai jelek, atau dimarahin sama bos. Menangis juga nggak cuma ketika kita sedang sedih aja, tapi bisa juga waktu kita marah atau emosi. Tapi satu yang pasti, kita semua pernah menangis. Hayo, masih nggak mau ngaku?

Tapi setelah menangis, kamu pasti pernah kesel karena mata tiba-tiba jadi bengkak.

Kalau udah kayak gini, orang-orang jadi tau deh kalau kita habis nangis. "kok mata kamu bengkak? Hayo habis nangis ya!"

Dilansir dari medicalnewstoday.com, mata bengkak karena menangis adalah hal yang wajar. Biasanya mata kita membengkak dan mata memerah setelah kita menangis untuk durasi yang cukup lama.

Ternyata mata jadi membengkak setelah menangis ini karena dipengaruhi oleh jenis air mata yang kita keluarkan. Yup, nyatanya air mata yang dikeluarkan oleh kelenjar air mata atau kelenjar lakrimalis memiliki 3 bentuk yang berbeda.

1 dari 4 halaman

1. Air Mata Basal

Ilustrasi Mata Cantik © Diadona

Air mata ini diproduksi agar mata selalu dalam keadaan lembab dan tidak kering. Karena mata perlu memiliki kelembaban sendiri agar tetap sehat.

2 dari 4 halaman

2. Air Mata Refleks

Ilustrasi Bawang Merah © Diadona
Biasanya dikeluarkan ketika mata kita mengalami infeksi seperti terkena debu dari luar, atau bahkan ketika kita mengiris bawang.

3 dari 4 halaman

3. Air Mata Emosional

ilustrasi wanita menangis © Diadona

Air mata ini dihasilkan karena adanya rangsangan emosi. Nah, air mata ini adalah jenis yang biasanya bikin mata kita bengkak. Karena biasanya kita mengeluarkan air mata dalam jumlah yang banyak pada fase ini.

Ketika ini terjadi, jaringan kulit di sekitar mata secara otomatis akan menyerap air mata tersebut. Hal ini menyebabkan adanya penumpukan air di area mata. Hal ini lah yang bikin mata kita jadi membengkak.

4 dari 4 halaman

Nggak cuma itu aja, ketika kita menangis karena emosi. Otak pun akan secara langsung lebih banyak mengalirkan darah ke area wajah. Hal ini juga mempengaruhi mata jadi terlihat semakin membengkak.

Nah itu yang menyebabkan mata kita selalu membengkak sehabis nangis. Untuk menyamarkannya kamu dapat melakukan beberapa cara seperti mengompres mata dengan es batu, mengompres mata dengan timun atau menggunakan kantung teh bekas.

Jadi kalau kamu nggak mau ketahuan, segera kompres mata kamu ya. Sebelum di ceng-cengin sama temen-temen kamu lho! haha.

Beri Komentar