Jangan Lagi Malu-Malu, Mencium Kekasih Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 6 Maret 2020 11:26
Jangan Lagi Malu-Malu, Mencium Kekasih Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh lho!
Yuk, nggak usah malu lagi untuk minta ciuman dari sang kekasih. Kesehatanmu lho!

Berciuman adalah salah satu aktivitas yang ada pada suatu hubungan untuk meningkatkan perasaan cinta di antara sepasang kekasih. Meski kita tahu Kenapa Sih Ciuman di Bibir Itu Enak, berciuman juga bisa dilakukan pada kening sang kekasih, tentu saja tanpa mengurangi rasa sayang kita kepada si doi.

Selain bagus banget untuk kemesrasaan sepasang kekasih, tahu nggak ternyata berciuman itu punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita lho! Salah satunya adalah berciuman bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hmm, gimana ceritanya ya?

 

1 dari 3 halaman

Dilansir dari Besthealthmag.ca, dulu ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa berciuman dipercaya dapat meningkatkan sisstem kekebalan tubuh. Untungnya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Medical Hypotheses membuktikan hal ini.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa berciuman dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita, yang salah satu keutamaannya adalah dapat terhindar dari serangan Cytomegalovirus.

Virus inilah yang ternyata dapat menyebabkan kebutaan dan kecacatan pada si bayi ketika lahir. Tapi berdasarkan penelitian tersebut, dengan berciuman, kamu mengurangi risiko tersebut dengan berciuman guys!

2 dari 3 halaman

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berciuman punya manfaat kesehatan lain lho!

Mengurangi Tekanan Darah

Kalau kamu pernah berciuman, jantung rasanya berdetak lebih cepat kan? Nggak apa-apa, itu pertanda bagus. Soalnya kata Andrea Demirjian, seorang penulis buku dari Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life's Sweetest Pleasures, darah akan menyebar ke seluruh organ tubuh dalam jumlah yang tepat, dan itu sangat membantu untuk mengurangi tekanan darah.

Dengan berciuman, kadar hormor stres kortisol juga akan berkurang, yang juga dapat mengurangi tekanan darah. Wah, bermanfaat banget kan?

Membakar Kalori

Dalam semenit, berciuman bisa membakar dua sampai enam kalori. Hmm, nggak apakah ini beberapa pasangan berlama-lama ciuman? Ya, emang sih nggak sebesar pembakaran kalori ketika jogging dengan treadmill. Tapi kalau emang benar-benar manjur, kenapa enggak?

Menyehatkan Gigi dan Mulut

Bentar, ini benaran? Menurut seorang dokter yang bernama Mark Burhenne, DDS, pendiri Askthedentist.com dan juga seorang penulis The 8-Hour Sleep Paradox membenarkannya.

Dia menjelaskan bahwa berciuman merupakan salah satu cara untuk saling berbagai mikrobiota yang baik. Salah satu pasangan mungkin nggak mempunyai microbiome yang sehat dan yang satu punya. Namun dengan berciuman, mereka bisa saling mendukung kesehatan gigi dan mulut dengan saling berbagi mikrobiota yang baik.

3 dari 3 halaman

Jelasin deh kepada pasanganmu nih, apa aja manfaat berciuman untuk kesehatan tubuh. Nggak usah malu-malu, tapi jangan malu-maluin juga, ya!