Jangan Disepelekan, Ini 7 Penyebab Anyang-Ayangan pada Wanita dan Pria

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 4 Juni 2020 10:45
Jangan Disepelekan, Ini 7 Penyebab Anyang-Ayangan pada Wanita dan Pria
Pernah mengalami anyang-anyangan nggak? Coba kenali penyebab anyang-anyangan ini ya!

Penyebab anyang-anyangan umumnya dikarenakan terjadi infeksi kandung kemih atau yang biasa disebut cystitis. Anyang-anyangan sendiri adalah kondisi di mana merasa nggak nyaman saat buang air kecil. Biasanya juga kita jadi lebih sering buang air kecil namun frekuensi maninya hanya sedikit.

Rasa nggak nyaman ini juga bervariasi pada tiap orangnya. Ada yang merasa sakit, nyeri bahkan sampai terasa panas atau terbakar di area alat kelamin. Dalam istilah medisnya, anyang-anyangan disebut disuria.

1 dari 8 halaman

Penyebab Anyang-Anyangan pada Wanita

Penyebab Anyang-Anyangan © Diadona
Penyebab anyang-anyangan ini bisa karena beberapa hal. Adanya infeksi bakteri yang mengarah pada infeksi kandung kemih. Selain itu juga disebabkan hal lain seperti:

1. Infeksi kandung kemih (cystitis).

2. Adanya batu pada kandung kemih yang berupa mineral keras. Biasanya dikarenakan tidak buang air kecil secara tuntas sehingga urin menggumpal.

3. Infeksi ginjal (pielonefritis).

4. Infeksi prostat (prostatitis).

5. Peradangan atau pembengkakan pada uretra (uretritis).

2 dari 8 halaman

6. Trauma karena pernah cedera atau iritasi setelah pemasangan kateter urin maupun kontak seksual.

7. Adanya jaringan tidak normal yang tumbuh di area organ intim. Sehingga timbulnya rasa nyeri ketika urin menyentuh jaringan abnormal.

8. Obstruksi anatomik, misalnya terjadi pembesaran prostat atau penyempitan saluran kencing.

9. Iritasi pada organ intim. Risiko anyang-anyangan pada wanita semakin besar kalau kamu sering melakukan douching vagina guys. Misal dengan mencuci vagina pakai semprotan larutan khusus ke dalam saluran vagina, menggunakan alat khusus yang dilengkapi kantong dan selang.

3 dari 8 halaman

10. Faktor hormon, misal menopause sehingga vagina akan terasa kering.

11. Kanker yang menyerang vagina maupun vulva.

12. Kondisi neurologis, di mana sulit mengosongkan kandung kemih.

13. Penggunaan sabun, parfum atau produk perawatan lainnya di organ intim.

14. Peradangan pada vagina yang disebabkan jamur, bakteri, parasit, atau virus yang membuat gatal, perih bahkan infeksi.

4 dari 8 halaman

Penyebab Anyang-Anyangan yang Berkepanjangan

Penyebab Anyang-Anyangan © Diadona
Nggak hanya sesekali, tapi kamu mengalami anyang-anyangan berkepanjangan? Bisa jadi penyebab anyang-anyangan kayak di bawah ini.

Infeksi Menular Seksual (IMS)


Anyang-anyangan juga bisa dikarenakan IMS, kayak klamidia, kencing nanah dan herpes yang memengaruhi saluran kemih.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)


Nggak hanya IMS, bisa juga karena ISK. Bahkan ISK ini adalah penyebab anyang-anyangan yang paling utama. Soalnya ada bakteri yang menumpuk pada bagian saluran kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

5 dari 8 halaman

Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu


Obat-obatan di sini bisa menimbulkan iritasi dan meradang pada saluran kemih. Kalau kamu mengonsumsi obat tertentu kemudian anyang-anyangan segera hubungi dokter untuk memastikan ya.

Sensitif Terhadap Bahan Kimia


Bisa jadi penyebab anyang-anyangan berkepanjangan pada kamu karena sensitif terhadap produk kimia, kayak wewangian untuk organ intim, kertas toilet beraroma, douches, pelumas dan sebagainya.

6 dari 8 halaman

Kista Ovarium


Bisa juga penyebab anyang-anyangan karena tumbuh kita pada satu atau kedua ovarium di kedua sisi akndung kemih.

Batu Ginjal


Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan batu ginjal, yaitu endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam dalam ginjal. Kadang, batu ginjal ini ada di sekitar urine memasuki kandung kemih sehingga memicu anyang-anyangan.

7 dari 8 halaman

Interstital Cystitis


Maksud dari interstital cystitis adalah sindrom nyeri kandung kemih. Kondisi inilah yang menyebabkan iritasi kronis pada kandung kemih dan berlangsung selama 6 minggu bahkan lebih.

Selain anyang-anyangan, gejala lain yang timbul antara lain nyeri pada vulva atau vagina, nyeri saat berhubungan seks dan nyeri di skrotum.

Kanker Kandung Kemih


Jika sel kanker mulai berkembang di kandung kemih maka terjadilah kanker kandung kemih yang menimbulkan anyang-anyangan. Nggak itu saja, kanker ini juga memunculkan darah dalam urine, nyeri pungguh bawah, kelelahan, kaki bengkak, nyeri tulang, hilang nafsu makan dan berat badan menurun.

8 dari 8 halaman

Penyebab Anyang-Anyangan pada Pria

Penyebab Anyang-Anyangan © Diadona

Kalau tadi sudah membahas penyebab anyang-anyangan pada wanita, kini giliran pada pria. Faktor penyebabnya hampir sama. Hanya saja, laki-laki juga bisa terkena kanker pada organ intimnya juga.

Maka dari itu, jangan dianggap sepele ya. Penyebab anyang-anyangan bisa jadi hal yang tidak menakutkan sampai yang berbahaya sudah kita bahas. Jaga kesehatan dan jangan lupa minum air putih yang cukup!

Beri Komentar