Hernia adalah Penyakit Turun Berok, Kenali Penyebab dan Jenisnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 20 Mei 2020 10:58
Hernia adalah Penyakit Turun Berok, Kenali Penyebab dan Jenisnya
Hernia adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut, atau biasa dikenal dengan turun berok.

Hernia adalah kondisi yang terjadi saat organ dalam tubuh menekan melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah.

Hernia sendiri berasal dari bahasa latin 'herniae', yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga.

Penyakit ini biasanya terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus, dan penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak.

Nah untuk lebih jelas mengenal penyakit hernia, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Penyakit Hernia

Hernia adalah © Diadona

Sedikit disinggung dari penjelasan diatas bahwa penyakit ini sering dialami oleh laki-laki, namun penyebab utama seseorang mengalami hernia adalah kombinasi antara kelemahan dan ketegangan otot.

Selain itu, biasanya penyakit hernia banyak diderita oleh orang-orang yang tinggal didaerah perkotaan yang terbiasa dengan aktivitas rutin.

Sementara itu, gejala yang paling umum penyakit hernia adalah munculnya benjolan pada area yang terinfeksi.

Namun, untuk gejalanya penyakit hernia adalah bervariasi, tergantung lokasi dan tingkat keparahan. Namun, benjolan dapat muncul kembali ketika penderita tertawa, batuk, atau mengejan.

Sedangkan untuk penyebab hernia adalah disebabkan oleh kombinasi antara kondisi otot yang tertarik dan melemah. Adapun beberapa hal yang membuat otot tubuh menjadi lemah, yaitu: Usia, Batuk kronis, Bawaan lahir, terutama di pusar dan diafragma, serta cedera atau komplikasi dari operasi di bagian perut.

2 dari 3 halaman

Hiatal Hernia

Hernia adalah © Diadona

Penyakit ini banyak macamnya, salah satunya adalah Hiatal Hernia. Hiatal hernia adalah kondisi di mana bagian atas perut menonjol hingga ke bagian bukaan diafragma.

Maksudnya adalah lambung yang seharusnya di rongga perut, menonjol ke atas melalui celah di otot diafragma, yaitu otot yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut.

Bahkan hiatal hernia adalah salah satu penyakit yang lebih sering terjadi pada wanita yang memiliki berat badan lebih, dan orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Namun, kebanyakan orang dengan kondisi ini seringkali tidak merasakan gejala. Meski begitu secara umum beberapa tanda dan gejala khas hiatal hernia adalah, rasa panas dalam perut, sakit di dada (heartburn), sering sendawa, dan mengalami masalah menelan.

Untuk itu kalau kamu merasakan salah satu gejala diatas segeralah konsultasikan dengan dokter pilihanmu.

3 dari 3 halaman

Hernia Inguinalis

Hernia adalah © Diadona

Hernia inguinalis adalah kondisi penonjolan organ, seperti usus dan jaringan yang ada di dalam perut, ke area inguinal atau selangkangan.

Bahkan lebih dari 70% kasus yang mengalami penyakit hernia adalah pria daripada wanita dan jenis inilah yang paling sering muncul.

Pada pria, saluran inguinalis adalah adalah jalan masuk antara perut dan skrotum (kantung pembungkus buah zakar) melalui tali sperma. Sedangkan, pada wanita, kanal inguinalis adalah jalan menuju ligamen yang menahan uterus.

Pengidap hernia inguinalis terlihat adanya tonjolan di antara paha dan pangkal paha. Sebagian besar kasus ini pada pria disebabkan oleh cacat bawaan kanal inguinalis.

Untuk pencegahan hernia inguinalis, kamu bisa mencoba dengan menjaga berat badan, mengonsumsi makanan tinggi serat, tidak merokok, dan mengurangi mengangkat beban berat.

Hernia adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat organ dalam tubuh menekan melalui jaringan otot di sekitarnya yang lemah, seperti usus yang menembus area lemah di bagian dinding perut.

Beri Komentar