Gosok Gigi Pakai Minyak Kelapa? Selamat Tinggal Gigi Berlubang!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 27 Februari 2020 08:09
Gosok Gigi Pakai Minyak Kelapa? Selamat Tinggal Gigi Berlubang!
Nggak usah ragu, yuk sikat gigi pakai minyak kelapa.

Gigi perlu dirawat dengan cara yang tepat dan benar. Salah satu yang perlu banget diperhatiin itu bagaimana kita menyikat gigi. Ketika mulut dan gigi bersih dan bebas dari bakteri, kemungkinan terjadi infeksi, kerusakan dan berlubangnya gigi pun akan berkurang.

Sebaliknya, kalau hal-hal tersebut terjadi, bisa jadi masalah yang lebih besar menghantam tubuh kita, sebut saja masalah pernapasan, demensia, bahkan penyakit jantung.

Dalam menyikat gigi, tentu kita memakai pasta bukan? Kita juga harus benar dalam memilih pasta gigi, kalau enggak akibatnya juga bisa fatal seperti yang telah dijelaskan dalam artikel: Salah Pilih Pasta Gigi Bisa Merusak Otak, Ginjal, dan Jantungmu! Gimana Bisa?

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Mulut dan Gigi

Nah, tapi kamu pernah kepikiran nggak, minyak gigi bisa kamu gunakan untuk menyikat gigi kamu? Bahkan dilansir dari Bolsky, salah cara yang paling efektif untuk menyikat gigi adalah dengan adanya penggunaan minyak kelapa.

Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung trigliserida rantai menengah yang dimetabolisme secara berbeda-berda sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan, begitu juga kesehatan gigi.

Mengurangi Plak

Gigimu selama ini banyak plak? Tenang, minyak kelapa bisa membantumu menghilangkannya. Jangan anggap remeh ya, soalnya penumpukan plak pada gigi bisa menyebabkan penyakit gusi.

Dilansir dari Halodoc, plak bisa menyebabkan gigi berlubang. Agar gigi dan mulut terhindar dari plak, kamu harus benar-benar coba menyikat gigi dengan minyak kelapa.

Terhindar dari Bakteri Berbahaya

Minyak kelapa adalah pahlawan untuk gigi-gigi kita, karena ia mampu membunuh bakteri jahat di dalam mulut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asam yang larut dalam minyak sangat efektif untuk memrangi bakteri yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Bermanfaat banget, kan?

Mencegah Kerusakaan Gigi

Kerusakan gigi biasanya disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Streptococcus Mutans dan Lactobacillus. Dengan minyak kelapa, bakteri tersebut akan berhenti tumbuh bahkan hilang.

2 dari 3 halaman

Sebagai Pasta Gigi dan Pencuci Mulut

Gimana caranya menggunakan minyak kelapa untuk menggosok gigi?

Minyak kelapa bisa digunakan dalam dua cara. Pertama adalah digunakan sebagai pasta gigi, yang kedua digunakan untuk obat pencuci mulut dengan dikumur sebelum menggosok gigi.

Sebagai Pasta Gigi

Bahan:

- 2 sdm soda kue
- 1/2 cangkir minyak kelapa
- 10-20 tetes minyak esensial peppermint atua kayu manis

Cara membuat:

- Panaskan minya kepala hingga cair
- Aduk soda kue, dan campurkan hingga menjadi pasta.
- Tuangkan tetesan minyak esensial, aduk rata.
- Pasta gigi minyak kelapa pun jadi, jangan lupa simpan dalam keadaan tertutup.

Sebagai Obat Pencuci Mulut

Bahan:

- 1 sdm minyak kelapa

Cara:

- Taruh minyak kelapa ke dalam mulut
- Kumur-kumurkan di mulut selama 15-20 menit hingga ke sela-sela gigi.
- Keluarkan minyak kelapa dari mulut kemudian sikat gigimu dengan pasta gigi ringan, atau pasta gigi minyak kelapa yang sudah dibuat sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Mulai sekarang, jangan ragu untuk melibatkan minyak kelapa untuk menyikat gigimu, ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar