Salah Pilih Pasta Gigi Bisa Merusak Otak, Ginjal, dan Jantungmu! Gimana Ceritanya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 8 Februari 2020 00:02
Salah Pilih Pasta Gigi Bisa Merusak Otak, Ginjal, dan Jantungmu! Gimana Ceritanya?
Selama ini kamu nggak milih pasta gigi asal-asalan, kan?

Kamu pasti sikat gigi setiap hari. Biasanya, orang-orang menyikat gigi dua kali dalam sehari, yaitu di saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Kalau kamu, berapa kali dalam sehari?

Selain sikat gigi, kamu pasti selalu butuh pasta gigi, bukan? Tapi, tapi, tahu nggak kalau kamu asal-asal milih odol alias pasta gigi, akibatnya bisa berimbas ke kesehatan kamu? Terutama otak, ginjal, bahkan jantungmu lho!

1 dari 3 halaman

Hubungan Pasta Gigi dengan Kerusakan Otak, Ginjal, dan Jatung?

Jujur deh, kamu pasti jarang banget bahkan nggak pernah baca bahan-bahan alias ingredients pasta gigi yang kamu beli, kan? Ngaku!

Nah ternyata, seperti telah dipublish oleh Boldsky sebelumnya, nggak semua pasta gigi itu memakai bahan-bahan yang aman untuk kesehatan. Malahan, bahan-bahan pasti gigi bisa merupakan bahan kimia yang berbahaya.

Sebut saja triclosan, sodium lauryl sulfate (SLS), artificial sweeteners, flouride, propylene glycol, diethanolamine (DEA), formaldehyde, paraffin, sampai glycerin glycol.

Jadi sebelum membayar ke kasir, usahakan kamu sudah membaca bahan-bahan di balik pasta gigi yang akan kamu beli itu. Bahan-bahan kimia di atas tertera di ingredient atau nggak?

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Yang paling berbahaya adalah jika pasta gigi yang kamu beli terdapat bahan propylene glycol, atau dikenal sebagai zat polyethene glycol. Zat polyethene glycol merupakan plastik seperti pada umumnya, yang merupakan bahan kimia beracun untuk tubuh.

Menurut sejumlah penelitian yang dilansir oleh Boldsky, zat tersebut bisa berakibat fatal pada kesehatan otak dan ginjal, bahkan jantung guys! Padahal kita semua tahu kan, kalau penyakit jantung itu punya risiko tinggi pada kematian?

 

3 dari 3 halaman

Meskipun kerusakan otak, ginjal, dan jantung adalah yang paling parah, ada masalah kesehatan lain yang bisa ditimbulkan oleh berbagai macam bahan kimia di atas. Misalnya aja tiroid, diabetes, bahkan kalau kamu punya anak, bisa terjadi penurunan IQ pada si buah hati.

Meskipun terdengar sepele, tapi ternyata memilih pasta gigi dengan sebenar-benarnya benar sangatlah penting. It's fine kalau kamu berlama-lama pas mau beli pasta gigi. Daripada bikin kamu sakit, hayo?

Beri Komentar