Fakta Seputar Vitamin D, Tingkatkan Imun hingga Pengaruhi IQ Anak Selama Kehamilan

Reporter : Kurnia
Rabu, 14 Juli 2021 17:03
Fakta Seputar Vitamin D, Tingkatkan Imun hingga Pengaruhi IQ Anak Selama Kehamilan
Ini fakta dan penjelasannya untuk kecerdasan buah hati Moms di rumah…

Di masa pandemi, vitamin D disebut-sebut sebagai vitamin terpenting untuk meningkatkan imun tubuhloh.

Benarkah?

Peranan vitamin D memang cukup berpengaruh untuk meningkatkan imun tubuh manusia. Selama pandemi, vitamin D ini terus dikait-kaitan dengan penanganan Covid-19. Vitamin D bermanfaat sebagai anti peradangan, antioksidan, hingga neuroprotektif.

Lalu apakah manfaatnya untuk tubuh manusia?kandungan yang terdapat dalam Vitamin D itu dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otot, dan aktivitas sel otak.

1 dari 5 halaman

Manfaat Lain dari Vitamin D

Nggak hanya untuk meningkatkan imun tubuh, para ahli menemukan adanya korelasi langsung yang ditemukan antara IQ anak dan kadar vitamin D Moms selama masa kehamilan loh. 

Hal ini terjadi karena vitamin D diperlukan untuk perkembangan otak janin yang akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak-anak. 

Dilansir dari laman Very Well Family, menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berpengaruh terhadap tingkat IQ anak.

2 dari 5 halaman

Penelitian yang Mendukung

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/g/evgenyataman

Suatu penelitian yang berhasil diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, menyebutkan jika mereka meneliti lebih dari 1000 wanita selama kehamilan untuk menentukan peran kadar vitamin D.

Nggak sampai di situ, para peneliti itu melanjutkan studi mereka setelah proses kelahiran yakni pada usia 4-6 tahun dan menjalani tes IQ anak khusus.

Hasilnya, semakin tinggi tingkat vitamin D wanita dalam kehamila maka semakin tinggi juga IQ anak mereka loh. Menarik bukan?

Menurut Melough, hasil ini menunjukkan bahwa " status vitamin D prenatal merupakan prediktor penting perkembangan kognitif anak" .

Sebenarnya, kekurangan vitamin D merupakan gejala yang cukup umum, dan mereka yang memiliki kulit berpigmen akan berisiko lebih besar. Pigmen melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, tetapi juga menghalangi produksi vitamin D di kulit.

3 dari 5 halaman

Warna Kulit Mempengaruhi Vitamin D

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Mosuno / Stocksy United / rightasrain.uwmedicine.org

Ketika kulit menyerap sinar ultraviolet B (UVB) dari sinar matahari, tubuh memulai serangkaian reaksi hormonal dan kimia untuk mengubah UVB menjadi bentuk vitamin D yang dapat digunakan.

Langkah pertama dalam proses ini melibatkan bahan kimia yang dikenal sebagai 7-dehydrocholesterol. Warna kulit menjadi penting karena bahan kimia ini juga dibutuhkan oleh melanin.

Melanin adalah nama yang diberikan untuk pigmen yang menciptakan warna pada kulit. Semakin banyak melanin yang Anda miliki, semakin gelap warna kulit Anda. 

Jika lebih banyak melanin hadir untuk menyerap UVB dan menggunakan 7-dehydrocholesterol untuk penggunaannya sendiri, ada sedikit UVB yang tersisa untuk produksi vitamin D. Oleh sebab itu Moms, orang dengan kulit lebih gelap cenderung kekurangan vitamin D.

4 dari 5 halaman

Vitamin D Diperlukan untuk Perkembangan Otak

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © freepik.com/fwstudio

Vitamin D umumnya dikenal karena perannya dalam kekuatan tulang, tetapi penelitian ini menambah penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D juga diperlukan untuk perkembangan saraf dan fungsi kognitif.

Vitamin D sangat penting setelah kehamilan, karena anak-anak dan remaja membutuhkan vitamin D yang berkelanjutan untuk pertumbuhan dan pembelajaran hingga control motorik.

Tahukah moms, bahwa mereka yang kekurangan vitamin D lebih berisiko dengan penyakit mental termasuk depresi loh. 

5 dari 5 halaman

Pentingnya IQ Anak

Sejak berumur 4 hingga 6 tahun, IQ cenderung anak cendurung stabil dari usia prasekolah hingga dewasa loh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa IQ memiliki hubungan dengan pendapatan, kesehatan, dan bahkan umur panjang seseorang loh, Mos.

Gimana nih menurut Diazens?

Beri Komentar