Coba Perhatikan, Mungkin Karena 5 Alasan Ini Kamu Nggak Bisa Tidur

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 6 Januari 2020 15:16
Coba Perhatikan, Mungkin Karena 5 Alasan Ini Kamu Nggak Bisa Tidur
Insomnia pasti ada penyebabnya. Mungkin, 5 alasan berikut merupakan salah satunya

Kamu merasa lelah seharian. Tapi ketika malam tiba, kamu nggak bisa tidur? Tenang, kamu nggak sendirian. Nyatanya, nggak sedikit orang yang mengalami hal ini.

Tapi bukan berarti kamu biarkan saja hal tersebut. Setidaknya, kamu harus mencari tahu penyebabnya agar bisa kembali tidur normal. Dirangkum dari WebMD (17/12), berikut alasan kamu nggak bisa tidur.

1 dari 5 halaman

1. Bermain Ponsel sebelum Tidur

ilustrasi seorang wanita bermain ponsel © Diadona

Joseph Chandler, PhD, seorang asisten profesor psikologi di Birmingham-Southern College, mengatakan bahwa bermain sosial media bisa menyebabkan stres. Selain itu, cahaya di layar ponsel membuat otakmu berpikir bahwa cahaya itu merupakan cahaya siang hari, sehingga kemampun untuk tertidur pun mengurang.

Kamu juga sebaiknya menyingkirkan ponsel dari tempat kamu tidur, begitu yang dikatakan Aparajitha Verma, seorang ahli saraf tidur di Houston Methodist Hospital Texas.

2 dari 5 halaman

2. Tidur di Waktu yang Berbeda Setiap Hari

Verma menjelaskan bahwa perubahan jadwal tidur dari hari ke hari yang jauh berbeda ternyata dapat membuatmu sulit tidur ke depannya. Ditambah lagi, ketika bangun kepalamu pun akan pusing.

3 dari 5 halaman

3. Minum Kopi

Ilustrasi Kopi dan Kue © Diadona

Kopi memang memiliki banyak manfaat terhadap tubuh. Tapi, buruk akibatnya jika kamu meminumnya pada malam hari. Akibatnya, kamu akan sulit tidur karena kandungan kafeinnya. Setidaknya, hindari minum kopi 5 jam sebelum kamu tidur, ya!

4 dari 5 halaman

4. Ruangan Terlalu Hangat/Terang

Ilustrasi Wanita Kepanasan atau Keringatan © Diadona

Kalau kamu susah tidur dan mendapati ruanganmu terlalu terang hingga pengap, mungkin itulah penyebabnya. Sebab, semakin gelap ruanganmu, semakin mudah otak memasuki 'mode tidur'.

5 dari 5 halaman

5. Stres

Ilustrasi stress © Diadona

Banyak pikiran yang menyerbu kepalamu sebelum tidur? Jelas itu akan membuatmu susah tidur. Solusinya jelas sekali yaitu menenangkan diri. Kamu bisa berendam, stretching, membaca, atau bahkan meditasi.

 

Apakah alasan-alasan di atas cukup untuk menjawab pertanyaanmu kenapa nggak tidur? Atau, kamu punya alasan lain? Tulis pengalamanmu susah tidur di kolom komentar, ya!

Beri Komentar