Bukan Nyeri Haid Biasa, Endometriosis Jadi Penyakit yang Wajib Diwaspadai Perempuan

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Rabu, 15 Januari 2020 15:11
Bukan Nyeri Haid Biasa, Endometriosis Jadi Penyakit yang Wajib Diwaspadai Perempuan
Waspada penyakit endometriosis yang gejalanya sering kali dianggap nyeri haid biasa.

Endometriosis merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan nyeri pada bagian perut bawah wanita. Penyakit ini rata-rata dialami oleh perempuan yang sedang dalam usia subur.

Dilansir dari liputan6.com, endometriosis merupakan jaringan yang seharusnya tumbuh dalam dinding rahim, malah tumbuh dan menumpuk di luar rahim. Hal ini bisa menghambat kehamilan hingga kemandulan.

Penyebab kelainan ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa kemungkinan yang bisa memicu penyakit ini. Tentunya kamu harus mengubah gaya hidup untuk mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya ini.

Dilansir dair bbc.com, salah satu orang yang mengalami endometriosis mengatakan bahwa butuh 11 tahun untuk mendiagnosis penyakit ini dalam tubuhnya. Sumber lain mengatakan bahwa sakit akibat endometriosis ini terasa seperti duduk diatas pisau yang panas. Namun, pastinya rasa sakit akibat endometriosis ini berbeda-beda setiap orang.

1 dari 2 halaman

Gejala


Gejala endometriosis memang mirip seperti nyeri haid biasa. Namun, kamu harus memerhatikan apakah rasa sakit itu tidak hilang dan semakin bertambah.

Nyeri perut bagian bawah dan panggul

Volume darah yang berlebih saat menstruasi

Miss V terasa nyeri saat buang air kecil dan air besar.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Penyakit Endometriosis


Kamu bisa merubah gaya hidup utnuk mencegah penyakit ini. Perhatikan asupan makanan sehari-hari, olahraga teratur dan juga mengindari stres.

Memperhatikan Makanan

Kamu harus mengatur pola makan agar tetap sehat. Asupan makanan yang baik dan tepat bisa mengatasi peradangan dan rasa sakit dari endometriosis.

Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan juga antioksidan. Selain itu, pilih menu makanan yang mengandung omega-3 seperti berbagai macam jenis ikan.

Olahraga Teratur

JIka kamu sering berolahraga dnegan teratur, maka nyeri endometriosis bisa sedikit meredakan. Selain itu, dengan berolahraga juga bisa memperlancar aliran darah pada tubuh, menjaga nutrisi dan oksigen, serta dapat mengurangi stres.

Menghindari stres

Untuk mencegha penyakit ini kamu harus pandai dalam mengelola stres. Melakukan beberapa relaksasi otot dan sedikit gerakan yoga mampu memabantumu terhindar dari stres.

Gejala penyakit endometriosis ini bisa menjadi lebih berat jika seseorang merasa stres. Yuk mulai rubah pola hidup agar menjadi lebih sehat!

Beri Komentar