Bukan Cuma Buat Cuci Mata, Liat Oppa Ganteng Buat Kinerja Otakmu Semakin Baik lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 April 2020 14:00
Bukan Cuma Buat Cuci Mata, Liat Oppa Ganteng Buat Kinerja Otakmu Semakin Baik lho!
Mana nih yang suka sama oppa ganteng Korea?

Sekarang, cewek-cewek Indonesia banyak banget suka dengan yang ke-Korean-an. Mulai K-pop nya, bahkan sampai dramanya. Nggak bisa dipungkiri juga bahwa mereka suka hal tersebut karena pria tampan yang mereka idolakan

Ternyata, melihat oppa (begitu mereka menyebutnya) ganteng itu nggak cuma sekedar cuci mata. Mungkin para cewek-cewek ini nggak sadar, kalau lihat oppa ganteng mampu meningkatkan kinerja otak!

1 dari 5 halaman

Aktor Korea © Diadona

Melansir dari Koreaboo.com, sebuah stasuin televisi penyiaran publik Korea Selatan alias KBS di acara Discoveries in Life melaporkan bahwa ada sebuah temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa melihat pria tampan bisa meningkatkan daya ingat otak.

Penelitian tersebut dilakukan kepada wanita dewasa yang cukup berumur. Mereka ditanyakan nama-nama karakter pemain film yang bisa mereka ingat selama 1 menit. Kemudian mereka ditanyai lagi dengan hal yang sama namun kali ini sambil memandang pria tampan dan hasilnya rata-rata 2 sampai 4 jawaban lebih benar.

Ternyata, hasil tersebut kemudian dikonfirmasi dengan melihat gelombang otak dari objek uji. Ketika para wanita itu memandang pria tampan, ternyata gelombang otak ditemukan lebih aktif dari sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Kepala penelitan tersebut menyatakan, dari penelitian tersebut terbukti bahwa ketika wanita melihat pria tampan, terdapat aktivasi lobus temporal, yang kuat kaitannya dengan ingatan.

Seorang profesonal medis lainnya di Korea mengatakan bahwa melihat foto pria tampan meningkatkan suasana hati wanita, yang berefek positif terhadap otak. Namun sayangnya hal ini nggak berlaku untuk pria yang melihat wanita cantik. Malah bisa jadi sebaliknya, seperti yang dikatakan dalam sebuah artikel Berinteraksi sama Cewek Cantik Kadang Bikin Cowok Mendadak Bodoh, Kok Bisa Sih?

3 dari 5 halaman

Lee Min Ho © Diadona

Dalam sebuah jurnal penelitian di Evolutionary Psychology yang diketuai oleh Michail Baker, seorang psikolog di East Carolina University, mengungkapkan bahwa orang-orang tampan dapat meningkatkan daya ingat bahkan meningkatkan motivasi untuk bekerja lebih keras.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 58 mahasiswa dan meminta mereka untuk melihat wajah lawan jenis selama berturut-turut. Setengahnya diminta untuk melihat wajah lawan jenis yang menurut mereka sangat menarik.

Kemudian para peserta dimintai untuk mendengarkan cerita tentang kehidupan sehari-hari peserta lain. Hasilnya, peserta yang menatap peserta lain yang sangat menarik tadi bisa mengingat lebih banyak detail cerita-cerita tersebut dibanding mereka yang hanya menatap wajah-wajah yang menurut mereka biasa saja.

4 dari 5 halaman

Penelitian lanjutan kemudian dilakukan dalam sekala yang lebih besar, yaitu 123 siswa. Hasil kesimpulannya tetap sama, bahwa orang yang melihat peserta lain yang menurutnya sangat menarik dapat mengingat detail cerita lebih banyak.

Namun untuk peningkatan motivasi agar bekerja lebih keras, pria lebih terpengaruh. Pria cenderung akan bekerja lebih keras untuk mengesankan pasangan yang menurutnya sangat menarik, sedangkan wanita nggak terlalu ingin mengeluarkan banyak energi.

5 dari 5 halaman

Nah untuk cewek-cewek, kalau selama ini kalian suka melihat idola oppa ganteng kalian, maka teruskanlah. Tapi jangan sampai berlebihan ya, takutnya nanti waktumu terbuang banyak cuma untuk stalking oppa ganteng kalian sampai lalai terhadap kewajibanmu yang seharusnya diselesaikan.

Beri Komentar