Berinteraksi sama Cewek Cantik Kadang Bikin Cowok Mendadak Bodoh, Kok Bisa sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 2 April 2020 08:08
Berinteraksi sama Cewek Cantik Kadang Bikin Cowok Mendadak Bodoh, Kok Bisa sih?
Mendadak bodoh atau emang udah dari sananya?

Rita Rudner, komedian asal Amerika pernah berujar bahwa "Beberapa orang berpikir memiliki payudara besar membuat wanita jadi bodoh. Sebenarnya, justru sebaliknya: Seorang wanita yang memiliki payudara besar membuat pria jadi bodoh."

Mungkin pernyataan tersebut bisa dianggap sebagai lelucon yang nggak bermakna. Tapi ternyata, sebuah penelitian sudah menjawab pertanyaan kita, "Benarkah interaksi dengan perempuan cantik bisa membuat laki-laki jadi bodoh seketika?"

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Johan C. Karremans dan rekan-rekannya di Radboud University of Nijmegen, Belanda, menguji pengaruh interaksi antara lawan jenis dengan kemungkinan penurunan fungsi kognitif. Terdapat dua studi yang diujikan dalam penelitian ini.

2 dari 4 halaman

Studi pertama menunjukkan hasil bahwa 40 partisipan pria cenderung menunjukkan kinerja lebih buruk pada tugas kognitif yang diberikan. Menariknya, hal ini justru terjadi usai mereka terlibat interaksi dengan lawan jenis. Efek ini bahkan tidak terpengaruh apakah si lawan jenis merupakan seorang lajang atau bukan.

Studi yang kedua menyatakan bahwa laki-laki memang cenderung mengalami penurunan kinerja secara kognitif. Usai berinteraksi dengan lawan jenis, mereka butuh pengalihan agar bisa kembali fokus pada tugas yang diberikan. Para lelaki ini bahkan melaporkan bahwa mereka sebenarnya memiliki ketertarikan dengan lawan jenis yang berinteraksi dengannya.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Mengutip dari psychologytoday.com, para peneliti beranggapan bahwa hal ini bisa jadi disebabkan karena pria cenderung memiliki banyak pertimbangan ketika berinteraksi dengan lawan jenis. Mereka berupaya untuk menunjukkan 'presentasi' yang baik, sekaligus berupaya untuk mengesankan sang lawan bicara.

4 dari 4 halaman

Ketertarikan sang lelaki manakala berinteraksi dengan si perempuan, membawanya pada bayang-bayang mengenai 'hubungan' selanjutnya yang mungkin bisa mereka jalani. Dengan 'tidak terkontrolnya' pikiran mereka, laki-laki bisa terlihat kehilangan fokus di depan wanita.

Mungkin sebenarnya bukan bodoh ya, tapi lagi kehilangan fokus aja. Yang namanya udah tertarik, interaksi sebentar aja udah bisa bikin pikiran melayang-layang nih hehe..

Beri Komentar