Boba Dapat Meningkatkan Berat Badan atau Justru Menyehatkan? Ini Penjelasannya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 27 Desember 2019 12:25
Boba Dapat Meningkatkan Berat Badan atau Justru Menyehatkan? Ini Penjelasannya
Jika mengkonsumsi boba secara berkala membuatmu khawatir akan kandunganya, maka simak penjelasan mengenai boba berikut ini.

Orang pada umumnya menggunakan tapioka untuk membuat puding tapioka dan teh bubble. Tapioka juga berguna sebagai pengental yang ada di pai.

Tapioka keseluruhan mengandung karbohidrat bertepung. Orang-orang yang melakukan diet karbohidrat dan khawatir tentang efek pati pada kadar gula darah, mereka mungkin melihat tapioka sebagai makanan yang tidak sehat.

Namun, bagi orang yang tidak perlu memonitor asupan karbohidrat atau pati dengan hati-hati, tapioka dapat meningkatkan kesehatan dengan beberapa cara. Dilansir dari medicalnewstoday (24/11), inilah kandungan yang ada dalam tapioka.

1. Tidak Menimbulkan Alergi
Tapioka bebas gluten, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sehingga tidak akan menyebabkan reaksi pada orang dengan penyakit celiac, sensitivitas gluten, dan alergi kacang.

Pabrik banyak produk bebas gluten menggunakan tepung tapioka dalam proses produksinya. Tepung tapioka berfungsi sebagai alternatif tepung putih untuk mengentalkan sup, saus, dan isi pai.

2. Mudah dicerna
Tapioka memiliki efek yang lembut di perut. Banyak orang merasa lebih mudah dicerna daripada tepung yang dibuat produsen dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

Dokter dapat merekomendasikan tapioka sebagai sumber kalori yang cocok untuk orang-orang dengan kondisi seperti irritable bowel syndrome (IBS) dan diverticulitis yang dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala pencernaan.

3. Mendukung penambahan berat badan
Orang yang perlu menambah berat badan dengan cepat dapat mengambil manfaat dari memasukkan tapioka dalam diet. Satu cangkir mutiara tapioka menghasilkan 544 kalori dan 135 gram karbohidrat.

Mengonsumsi beberapa mangkuk puding tapioka sehari meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menambah berat badan tanpa juga meningkatkan risiko efek samping dari terlalu banyak mengonsumsi lemak dan kolesterol.

Orang juga dapat menambahkan tapioka ke hidangan lain untuk meningkatkan kandungan karbohidrat dan kalori mereka.

4. Sumber kalsium
Kalsium penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Ini juga mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya, termasuk kontraksi dan pelebaran di pembuluh darah dan otot, komunikasi antar saraf, pembekuan darah.

Menurut National Osteoporosis Foundation, orang kehilangan kalsium setiap hari melalui kulit, keringat, urin, dan feses. Tubuh tidak bisa menggantikan kalsium yang hilang tanpa suplementasi makanan.

Karena itu, orang harus berhati-hati untuk mengonsumsi kalsium melalui diet mereka. Satu cangkir mutiara tapioka menghasilkan 30,4 miligram (mg) kalsium.

5. Rendah sodium
Kebanyakan orang mengonsumsi terlalu banyak natrium, atau garam. Asupan harian yang direkomendasikan adalah kurang dari 2.300 mg. Rata-rata, orang di AS mengonsumsi 3.440 mg per hari.

Garam makanan tidak hanya merujuk pada garam yang ditaburkan orang pada camilan dan makanan mereka - produsen juga menyembunyikannya dalam camilan olahan, sup, dan bumbu.

Diet tinggi natrium memiliki kaitan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Tapioka hanya menyediakan 1,52 mg natrium dalam satu cangkir.

Beri Komentar