Bisa Serang Usia Muda, Ini Tips Cegah Diabetes sejak Dini

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 27 Februari 2022 08:27
Bisa Serang Usia Muda, Ini Tips Cegah Diabetes sejak Dini
Diabetes tak hanya serang lansia. Yuk, intip tips mencegahnya!

Ketika mendengar diabetes, biasanya umumnya langsung kepikiran sebuah penyakit yang terjadi oleh usia yang sudah tua. Padahal, diabetes itu bisa terjadi pada siapa saja dan umur berapa saja. Tak sedikit orang-orang muda yang sudah terkena diabetes lho!

Maka dari itu, perlu banget mencegah diabetes sejak dini, nih. Melansir dari Halodoc.com, berikut tipsnya!

 

1 dari 7 halaman

Turunkan Berat Badan Berlebih

Ilustrasi Wanita Gemuk © Diadona

Biasanya orang yang diabetes mempunyai berat badan berlebih alias obesitas. Makanya, perlu banget untuk menjaga berat badan tetap ideal. Jika memang sudah berlebihan, menghilangkan 7 persen berat badanmu itu bisa mencegah diabetes lho! Bisa dengan olahraga rutin dan menjaga kebiasaan makan.

 

2 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Kamu adalah apa yang kamu makan. Itu adalah sebuah kalimat yang begitu berarti. Makanan yang kamu makan bisa menentukan apakah kamu akan mengalami diabetes atau tidak. Kalau makannya sering berlemak tinggi, kadar gula tinggi, bahkan diproses serba instan, bisa-bisa nanti obesitas. Makanya, pilih makanan rendah lemak dan kaya serat, ya!n.

3 dari 7 halaman

Kelola Stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

Dalam menjalani hidup pasti ada saja masalah yang datang, dan hal tersebut bisa mendatangkan stres, dan itu normal saja. Yang perlu dilakukan adalah dengan mengelola stres, nih. Sebab stres yang tinggi bisa menghasilkan hormon stres yang berkaitan dengan resistensi insulin.

 

4 dari 7 halaman

Banyak Gerak

Ilustrasi wanita olahraga © Diadona

Selain berolahraga rutin, kamu juga perlu banyak gerak nih terlebih di usia muda. Sebab hal banyak diam bisa menyebabkan meningkatnya risiko diabetes. Ketika banyak gerak, kemampuan otot pun meningkat serta menyerap insulin dan glukosa.

 

5 dari 7 halaman

Cukup Tidur

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Siapa bilang, cukup tidur juga perlu nih untuk menjaga berat badan agar terhindar dari diabetes. Sebab ternyata kurang tidur itu bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Sebab hal tersebut bisa membuat respon stres dan hormon stres pun terlepas, yaitu kortisol dan norepinephrine, yang juga berkaitan dengan insuli

6 dari 7 halaman

Kurangi Alkohol dan Merokok

Ya, usia muda memang rentan dengan bersenang-senang, dan sering terkait dengan minuman alkohol dan rokok. Ya, kurang-kurangi ya. Sebab keduanya bisa meningkatkan produksi insulin yang menyebabkan meningkatnya risiko diabetes.

Beri Komentar