Penat dengan Kehidupan Perkotaan? Yuk Coba Lakukan Meditasi!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 18 Oktober 2023 14:49
Penat dengan Kehidupan Perkotaan? Yuk Coba Lakukan Meditasi!
Yuk Diazens rehat dulu sejenak biar badan dan pikiran kembali fresh

Kehidupan perkotaan atau dikenal dengan urban living, seringkali menjadi impian banyak orang yang ingin meraih kesuksesan dan kesejahteraan lebih baik. Namun di balik gemerlapnya kehidupan perkotaan, tersimpan risiko kesehatan bagi mereka yang menjalaninya.

Pekerjaan dan berbagai aktivitas perkotaan yang menuntut kamu untuk serba cepat berpotensi besar membuat stres dan kelelahan.

Menurut studi yang diterbitkan di PubMed Central, hiruk pikuk kehidupan di perkotaan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Dibandingkan dengan penduduk pedesaan, para peneliti menemukan bahwa penduduk perkotaan 21 persen lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan dan 39 persen lainnya mungkin mengalami gangguan suasana hati.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa paparan polusi udara dan kebisingan kota yang berlebihan dapat menyebabkan stres, mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan lonjakan kortisol dalam tubuh. Seiring waktu, peningkatan kadar hormon ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

1 dari 4 halaman

Lalu, apa sih yang bisa dilakukan agar kamu bisa mengurangi  tingkat stres dan kesehatan mental tetap terjaga? Salah satunya, kamu bisa mencoba untuk mulai melakukan meditasi. 

Meditasi adalah teknik relaksasi untuk menciptakan pikiran dan perasaan yang tenang juga terarah. Latihan ini juga dapat kita lakukan kapan dan di mana saja. 

Berbagai penelitian membuktikan bahwa meditasi dapat berdampak besar pada kesejahteraan secara keseluruhan, seperti fisik, mental, dan tingkat emosional seseorang. 

Bahkan kini meditasi semakin mudah dan menyenangkan berkat perkembangan teknologi. Anda hanya membutuhkan jam tangan yang sudah mendukung meditasi. Biasanya jam tangan akan memandu Anda untuk memulai meditasi, hingga sesi meditasi selesai. 

Jam tangan pintar keluaran terbaru setidaknya memiliki fungsi memandu meditasi lengkap dengan white noise atau suara menenangkan. Sebagai jam tangan pintar, ia juga akan merekam detak jantung, tingkat stres dan jumlah nafas selama melakukan meditasi. 

2 dari 4 halaman

Mengurangi Tingkat Stres

Ilustrasi Meditasi © Diadona

Banyaknya pikiran dan stres berlebih, biasanya membuat tubuh kita memproduksi hormon kortisol. Dimana hormon ini dapat meningkatkan adrenalin dalam tubuh, yang mengakibatkan diri cenderung merasa lebih cemas dan gelisah ketika sedang stres.

Meditasi juga dipercaya menjadi salah satu cara efektif untuk bisa menurunkan kadar hormon kortisol, yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bisa membuatmu lebih mudah mengelola tingkat stres.

Selain itu, meditasi juga dapat kamu manfaatkan untuk bersantai dan mengatasi stres dengan memfokuskan kembali perhatian pada sesuatu yang menenangkan. Meditasi dapat membantumu belajar untuk tetap fokus dan menjaga kedamaian diri.

3 dari 4 halaman

Meditasi untuk Meningkatkan Self Awareness

Di sela padatnya aktivitas perkotaan yang kamu jalani setiap hari, melakukan meditasi dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan self awareness atau kesadaran diri.

Beberapa bentuk meditasi dapat membantu kamu memahami dirimu dengan lebih baik. Selain itu, meditasi juga membuat kamu lebih bersyukur dengan setiap nikmat kesehatan yang kamu dapatkan.

Kamu juga tidak perlu terburu-buru melakukan meditasi, fokuslah pada pernapasan. Kamu bisa mengatur ritmenya, menikmati setiap hembusan dan tarikan napas yang kamu lakukan, hingga tubuh terasa rileks dan pikiran semakin tenang.

Meditasi telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental di tengah hiruk pikuk aktivitas perkotaan. Lakukan meditasi secara rutin di saat waktu luang dan nikmati banyak manfaatnya.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Tidur © Diadona

Meditasi juga bisa membantumu dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena biasanya tubuh akan jauh lebih mudah untuk tertidur, jika tubuh kamu sedang dalam keadaan yang tenang dan rileks.  

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, pastikan juga kamar tidur tidak berisik dengan pencahayaan temaram dan temperatur ruangan yang nyaman. Selain meditasi sebelum tidur, hendaknya jauhkan perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop dan hindari makan makanan berat serta kafein dan alkohol. 

Jam tangan pintar yang baru diluncurkan, Garmin Venu 3, sudah dapat melacak tidur. Mulai dari durasi hingga tahapan tidur, serta memberikan skor dan masukan mengenai tidur semalam apakah cukup baik untuk pemulihan aktivitas kemarin. Tak hanya tidur, jam tangan ini juga bisa mendeteksi nap atau tidur singkat yang dilakukan pada siang hari. Tidur singkat akan meningkatkan energi tubuh sehingga Anda tetap bersemangat menjalani hingga berakhirnya aktivitas.

Beri Komentar