Berikut yang Harus Kamu Ketahui Tentang Penyakit Lyme

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 9 Januari 2020 15:51
Berikut yang Harus Kamu Ketahui Tentang Penyakit Lyme
Berawal dari gigitan kutu yang terinfeksi.

Penyakit Lyme baru-baru ini menjadi perbincangan warganet lantaran penyanyi pop Justin Bieber mengaku sudah alami penyakit ini sejak lama. Penyakit Lyme adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh kutu di Amerika Serikat. Data pengawasan nasional menunjukkan bahwa hampir 300.000 orang Amerika mengalami penyakit Lyme setiap tahunnya. Berikut dilansir dari CNN penyebab terjadinya Penyakit Lyme, gejala, cara mencegah, dan mengatasinya.

1 dari 4 halaman

Penyebab

Penyakit Lyme disebabkan oleh empat spesies utama bakteri. Di Amerika Serikat biasanya disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi dan Borrelia mayonii, sementara di Eropa dan Asia biasanya disebabkan oleh bakteri Borrelia afzelii dan Borrelia garini. Bakteri ini dapat menempel dan menginfeksi kutu yang kemudian kutu tersebut mengigit kulit manusia.

Daerah yang berumput ataupun hutan lebat adalah sarang bagi nimfa kutu. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai penyakit lyme jika kamu tinggal di daerah tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Gejala

Gejala dari penyakit ini bervariasi. Biasanya terjadi secara bertahap ataupun secara bersamaan.

Gejala awal

  • Bentol kecil berwarna merah (seperti digigit nyamuk)
  • Ruam yang meluas
  • Demam
  • Menggigil
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Leher kaku
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Gejala lanjutan

  • Nyeri sendi
  • Masalah neurologis

3 dari 4 halaman

Cara Pencegahan

  1. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan lotion nyamuk di tempat-tempat yang berisiko seperti rumput tinggi dan hutan lebat.
  2. Selain itu, gunakanlah pakaian tertutup seperti lengan panjang, celana panjang, dan topi saat aktifitas di luar ruangan seperti hiking.
  3. Sehabis beraktifitas jangan lupa untuk membersihkan badan dengan mandi.
  4. Hewan peliharaan juga berisiko membawa kutu yang terinfeksi. Jadi jangan lupa untuk merawat mereka tetap bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati

Jika masih pada tahap awal, biasanya seorang yang memiliki penyakit lyme akan diberikan antibiotik oral. Jika sudah parah, dokter biasanya menyarankan untuk segera melakukan pengobatan rutin dengan antibiotik injeksi. Selain itu, butuh waktu yang tidak sebentar agar penyakit ini benar-benar hilang.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Beri Komentar