Bahaya Gak Sih Kalau Permen Karet Tertelan?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 13 Februari 2022 08:27
Bahaya Gak Sih Kalau Permen Karet Tertelan?
Meski biasanya terjadi pada anak kecil, orang dewasa juga bisa, kan~

Siapa nih yang masih doyan ngunyah permen karet? Masih banyaklah, ya. Permen karet memang salah satu opsi makanan yang bisa mengusir bosan. Makanan ini tentu umumnya cuma dikunyah terus, sampai rasanya hilang. Namun, kadang-kadang ada nih orang yang nggak sengaja nelan ketika mengunyah permen karet.

Pertanyaannya, apakah berbahaya kalau menelan permen karet?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Permen Karet © Diadona

Merangkum dari Halodoc.com, permen yang tak sengaja tertelan umumnya tidak berbahaya. Jarang sekali orang yang membutuhkan pertolongan dokter untuk menangani hal tersebut. Meski tidak diproses seperti makanan lainnya, sistem pencernaan tetap bisa menggerakan perman karet melalui aktivitas usus normal.

 

2 dari 4 halaman

Jadi, permen karet sebenarnya tetap bisa dikeluarkan saat buang air besar. Namun, ternyata hal tersebut butuh waktu yang tidak sebentar, sebab permen karet terbuat dari chicle, yaitu getah dari pohon sawo. Selama tidak menggumpal dengan bahan makanan lain yang sulit dicerna juga, kayaknya masih tetap aman.

Permen karet bisa keluar dalam waktu yang tidak sebentar, yaitu kurang dari seminggu. Pewarna dan gula mungkin sudah hilang, namun badan dasar permen masih bisa sama. Permen karet tersebut bisa keluar saat buang air besar alias BAB.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Permen Karet © Diadona

Namun jika sengaja ditelan dalam jumlah yang banyak atau waktu yang singkat, saluran pencernaan bisa terblokir, meskipun jarang terjadi. Biasanya yang tak sengaja menelan permen karet anak kecil, tapi tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa tak sengaja menelan permen karet karena suatu hal.

Beri Komentar