Apa Sih Alopecia, Penyakit yang Diderita Jada Pinkett Istri Will Smith Hingga Sebabkan Kebotakan?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 28 Maret 2022 16:30
Apa Sih Alopecia, Penyakit yang Diderita Jada Pinkett Istri Will Smith Hingga Sebabkan Kebotakan?
Jada Pinkett diketahui mengidap Alopecia yang menyebabkanya mengalami kebotakan.

Saat di atas panggung untuk membacakan nominasi Best Documentary Features, Chris Rock membaut lelucon. Salah satunya ternyata menyinggung soal istri Will Smith, Jada Pinkett, yang tampil dengan rambut plontos alias botak. Awalnya tertawa, lalu Will Smith pun menampar Chris Rock.

Diketahui Jada Pinkett botak karena mengidap alopecia. Apa sih kira-kira penyakit ini?

 

1 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Jada Pinkett Smith (@jadapinkettsmith)

Alopecia Areate, melansir dari Klikdokter, merupakan jenis kebotakan di satu area, lalu meninggalkan pitak dan terdapat beberapa bercak. Meski umunya terjadi di kepala, alopecia juga bisa terjadi di area tubuh lainnya.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi> Sebab kekebalan tubub menyerang folikel rambut. Beberapa kasus bisa membuat alopecia areata menjadi alopecia universalis, alias kerontokan total dan menyebabkan rambut tidak bisa tumbuh kembali.

 

2 dari 4 halaman

Alopecia areata ini bisa menyerang pria ataupun wanita. Bisanya yang terkena di usia 30- 60 tahun. Selain alopecia areata, penyakit ini juga bisa disebut dengan alopecia celci, alopecia cicatrisata, dan alopecia circumsipta.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alopecia areata terjadi karena sistem kekebalah tubuh. Ia bertindak abnormal, menyerang folikel rambut sendiri sehinggga menghentikan produksi rambut dan menyebabkan kerontokan. Makanya, alopecia juga disebut sebagai autoimun.

Tentu saja gejala utama alopecia areata adalah kerontokan rambut. Kerontokan rambut yang terjadi buka 1 2 helai, tapi seperti kumpulan rambut menyerupai pulau kecil. Biasanya ditemui ketika bangun tidur di atas bantal. Meski demikian, alopecia areata rambutnya masih bisa tumbuh kembali.

 

3 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Jada Pinkett Smith (@jadapinkettsmith)

 

Pada umumnya pengidap alopecia areata bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu 1 tahun. Namun, beberapa kasus bisa menyebabkan kebotakan permanen. Sebab memang belum ada obat pasti untuk menyembuhkan alopecia areata.

Biasanya pengobatan yang diberikan adalah menggunakan minoksidil untuk merangsang pertumbuhan rambut. Opsi lain bisa berupa penggunaan krim/sampo kortikosteroid, atau injeksi steroid. Fotokemoterapi juga bisa dilakukan untuk memperbanyak pertumbuhan rambut.

4 dari 4 halaman

Masih banyak sebenarnya alternatif untuk membantu rambut tumbuh kembali. Namun masih belum terbukti kemanjurannya. Dari penjelasannya tersebut, nampaknya masuk akal jika Will Smith menampar Chris Rock yang membuat lelucon mengenai istrinya yang mengidap alopecia ini~

Beri Komentar