ABG Membunuh Bocah Berusia Enam Tahun, Psikolog Rose Mini Angkat Bicara

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 9 Maret 2020 09:25
ABG Membunuh Bocah Berusia Enam Tahun, Psikolog Rose Mini Angkat Bicara
Begini kata dr. Rose Mini tentang ABG yang membunuh bocah berusia enam tahun yang katanya terinspirasi dari film horror.

Belakangan ini, Indonesia sampai media sosialnya ramai dengan seorang gadis remaja 15 tahun berinisial NF yang membunuh bocah berusia 6 tahun.

Ketika NF ditanyai menyesal atau tidak telah melakukan tindakan pembunuhan tersebut, jawabannya sungguh mencengangkan. "Pelaku saat ditanya menyesal atau tidak, dia jawab merasa puas," kata Kombes Yusri Yunus NF, Kabid Humas Polda Metro Jakarta.

1 dari 3 halaman

Pendapat Psikolog dr. Rose Mini

Mendengar kabar ini, seorang psikolog dr. Rose Mini Agoes Salim pun angkat bicara.

Dilansir dari Liputan6, NF mengatakan dengan jelas kepada polisi bahwa dia suka sekali menonton tayangan horror yang bersifat sadistik, sebut saja film Chucky The Murder Doll.

Lalu apa benar film bisa memengaruhi tindakan seseorang di dunia nyata?

" Seperti chucky kan dia malah tertawa itu bonekanya ya, jadi bisa saja itu identitas yang terbentuk dalam dirinya seperti yang dilihat," jelas dr. Rose Mini membenarkan 8 Maret, Minggu lalu.

Psikolog yang akrab disapa Bunda Romi terebut berpendapat, bahwa ya, tindakannya bisa terinspirasi dari tayangan (baca: film sadistik) yang dikonsumsinya. Bahkan NF sampai nggak merasa bersalah setelah merenggut sama bocah berumur enam tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Tanggung Jawab Orang Tua

" Mereka memiliki kecenderungan masalah moral yang tak bisa membedakan antara baik dan buruk, sehingga dia tidak tahu apa yang dilakukan, diikuti itu sesuatu yang baik atau buruk, harus dipantau, diperhatikan," tambahnya.

Bunda Romi berpesan para orang tua untuk tetap selalu memperhatikan sang anak apalagi jika dia sedang asik dengan dunianya sendiri. Sebaliknya, para orang tua harus lebih memahami dunia apa yang mereka (baca: sang anak) sukai.

Bunda Romi berkata, " Kita lihat itu karena pemahaman anak masih sangat sederhana belum tentu dia paham banget yang ditonton. Jadi kalau dari kecil didampingi maka itu sangat membantu ke depannya."

3 dari 3 halaman

Untuk para orang tua, sudah seharusnya kita mendengarkan apa yang disampaikan Bunda Romi ini. Dengan demikian, semoga kejadian nggak diinginkan pun tak akan terjadi lagi.

Baca Artikel Sebelumnya: Terinspirasi dari Film Horror, Seorang ABG Tega Membunuh Bocah dan Menyimpan Jasadnya

Beri Komentar