9 Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Jarang Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 27 Maret 2021 00:17
9 Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Jarang Diketahui
Selain dikonsumsi sebagai teh herbal, ternyata kayu secang juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan lho.

Kayu secang (Caesalpinia sappan) ini memang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan minuman herbal atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh. Hal ini dikarenakan ada berbagai manfaat kayu secang yang tersembunyi dan jarang sekali diketahui.

Namun, umumnya manfaat kayu secang ini berasal dari tanin, flavonoid, brasilin alkaloid, serta minyak atsiri yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Tapi, jangan lupa konsultasikan dengan dokter agar lebih aman ya, guys.

Nah, berikut ini, Diadona.id telah merangkum berbagai macam manfaat kayu secang untuk kulit wajah dan kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah

Manfaat Kayu Secang © Diadona

1. Meremajakan Kulit

Manfaat kayu secang untuk kulit wajah yang pertama ialah dapat meremajakan kulit. Hal ini disebabkan pada salah satu kandungan kayu secang yakni zat antioksidan. Antioksidan ini berperan melindungi kulit dengan cara membatasi produksi radikal bebas yang berpotensi merusak kulit.

Sehingga jangan heran kalau di wajah mu akan muncul masalah seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam pada wajah, hingga penuaan dini. Itulah mengapa kamu perlu mengonsumsi kayu secang supaya mendapat asupan zat antioksidan guna melawan radikal bebas dari lingkungan sekitar yang sangat sulit untuk dihindari.

2. Menyembuhkan Jerawat

Tak hanya untuk meremajakan kulit, kayu secang untuk wajah pun bisa mematikan bakteri propiobacterium yang dapat menyebabkan jerawat, lho.

Caranya, kamu cukup mencampurkan serutan kayu secang dengan air kemudiab direbus. Setelah beberapa menit direbus, maka air rebusan kayu secang tersebut didiamkan dahulu hingga dingin. Nah kalau sudah, air rebusan kayu secang bisa kamu gunakan sebagai air untuk mencuci wajah.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Infeksi Kulit

Penyebab Alergi © Diadona

Seperti diketahui, bahwa kayu secang memiliki sifat antimikroba serta kandungan methanol yang berfungsi untuk menghambat berkembangnya bakteri penyebab infeksi kulit. Bakteri tersebut adalah staphylococcus aureus.

Sehingga, manfaat kayu secang untuk wajah yang nggak boleh dilewatkan yaitu dapat mencegah infeksi kulit. Caranya, kamu cukup mengonsumsi kayu secang yang telah direbus.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari infeksi yang terjadi pada kulit wajah, baik karena jerawat yang luka ataupun karena hal lainnya yang menyebabkan infeksi.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat kayu secang berikutnya adalah bisa mencerahkan kulit wajah yang biasanya disebabkan oleh paparan radikal bebas, baik itu polusi dari asap kendaraan ataupun debu jalanan. Untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit, kamu bisa menggunakanya sebagai air untuk membasuh muka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ternyata kayu secang mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antikanker, lho. Bahkan, penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang yang mengandung kedua zat tersebut bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara.

Meski begitu, efektivitas manfaat kayu secang sebagai pengobatan kanker ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Sehingga, untuk menurunkan risiko terjadinya kanker, kamu tetap disarankan menjalani gaya hidup sehat.

6. Menurunkan dan Mengontrol Gula Darah

Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi air rebusan kayu secang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Sehingga efek ini baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin serta menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Sayangnya, hingga saat ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas khasiat kayu secang sebagai obat penurun gula darah.

7. Menghentikan Diare

Secara tradisional, kayu secang memnag cukup banyak dimanfaatkan sebagai obat diare. Bahkan, tanaman ini sering dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu guna mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Menurut beberapa studi, hal ini dikarenakan kayu secang mengandung zat antibakteri, sehingga bisa membasmi bakteri penyebab diare. Akan tetapi, secara klinis, manfaat kayu secang sebagai obat diare masih perlu diteliti lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

8. Antiradang

Penyebab Alergi © Diadona

Sebagai informasi, bahwa kayu secang memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan atau mencegahnya. Bahkan, di antara 130 obat-obatan herbal yang diuji, manfaat kayu secang cocok untuk dijadikan bahan obat herbal.

Umumnya yang bisa digunakan untuk penghambatan aktivitas hyaluronidase adalah protein yang dirancang secara genetik guna menyebabkan peradangan.

9. Antitumor

Manfaat kayu secang selanjutnya yautu memiliki sifat antitumor. Tumor merupakan perkembangan jaringan sel yang tidak normal, maksudnya ada yang bersifat jinak, ada juga yang ganas dan bahkan bersifat kanker.

Oleh sebab itu, minuman sehat ini bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan dengan melindungi dari tumor.

Wah, ternyata manfaat kayu secang untuk wajah dan kesehatan cukup beragam ya, guys. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar