9 Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil, Kulit dan Buahnya Banyak Khasiatnya, lho!

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 20 April 2021 15:49
9 Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil, Kulit dan Buahnya Banyak Khasiatnya, lho!
Jeruk Bali terkenal dengan seratnya dan kaya akan vitamin C

Manfaat jeruk bali ini mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang bisa menjadikannya tambahan yang sehat untuk makanan kamu. Buah jeruk sendiri adalah buah jeruk yang berada di Asia. Memiliki kulit yang tebal dan pucat serta besarnya seukuran buah melon. Untuk itu, berikut ini adalah manfaat dari jeruk bali yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Jeruk Bali

Manfaaat Jeruk Bali © Diadona

Kulit jeruk bali ternyata memiliki manfaat juga. Manfaatnya antara lain :

Kaya Akan Nutrisi

Manfaat jeruk bali dari segi kulitnya mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Senyawa ini adalah fitoestrogen, fenolik, glikosida, alkaloid, tanin dan flavonoid. Kandungan-kandungan yang sudah disebutkan mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Kulit jeruk bali bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk bali dari segi kulitnya adalah mampu menurunkan berat badan. Selain senyawa-senyawa yang sudah disebutkan diatas, kulit jeruk bali mengandung serat dan vitamin C yang dapat mencegah adanya timbunan lemak pada perut. Kandungan vitaminnya bisa membantu menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak pada beberapa bagian tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Jeruk Bali

Manfaaat Jeruk Bali © Diadona

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat jeruk bali, buahnya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jeruk bali tinggi akan serat, sehingga mampu meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Melindungi dari Munculnya Penyakit Kronis

Kaya akan antioksidan, manfaat jeruk bali dari buahnya sama seperti sayuran. Dalam buah jeruk bali mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan sel. Terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa manfaat jeruk bali dapat menurunkan kadar kolesterol.

Membantu Mengatur Tekanan Darah

Manfaat jeruk bali dari segi buahnya adalah sebagai sumber potasium yang sangat baik, yang penting untuk banyak fungsi seluler. Secara khusus, penting untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal

Membantu Melawan Kanker

Manfaat jeruk bali yang kaya akan vitamin C (asam L-askorbat) sangat penting untuk struktur tulang, tulang rawan, otot, dan pembuluh darah yang baik. Ini membantu penyerapan zat besi, meningkatkan penyembuhan luka, dan juga dapat membantu mencegah penyakit. Faktanya, penelitian yang menyelidiki peran jeruk dalam pencegahan kanker menunjukkan bahwa jus dan ekstrak buah ini dapat memberikan manfaat yang positif.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

Manfaaat Jeruk Bali © Diadona

Mengonsumsi buah jeruk bali selama masa kehamilan masih dianggap aman. Nah, untuk itu berikut ini adalah manfaat jeruk bali bagi ibu hamil :

Tinggi Asam Folat

Manfaat jeruk bali adalah tinggi asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena asupannya cukup tinggi dan dapat mencegah risiko cacat lahir pada janin.

Mengurangi Sembelit

Jeruk bali kaya akan serat yang mana serat ini memang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengurangi sembelitnya. Selain itu, ibu hamil sangat rawan mengalami sembelit, sehingga mengonsumsi jeruk bali bisa menjadi alternatif untuk mengatasi dan mencegah sembelit terjadi.

Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Jeruk bali merupakan buah dengan sumber kalium yang baik. Kalium dapat menjaga kesehatan otot dan saraf. Selain itu, mampu untuk menjaga tekanan darah bumil tetap normal.

Manfaat jeruk bali dari segi kulit hingga buahnya bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Jeruk  buah bali juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak. 

Beri Komentar