9 Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil, Ternyata Biji dan Daunya Bisa Dikonsumsi Juga, lho

Reporter : Sheila Fathin N
Jumat, 16 April 2021 16:14
9 Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil, Ternyata Biji dan Daunya Bisa Dikonsumsi Juga, lho
Rambutan ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumi. Tapi, biji dan daunnya juga mengandung manfaat yang bagus untuk tubuh.

Rambutan adalah jenis buah yang umum di daerah subtropis dan tropis. Manfaat rambutan dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan baik untuk ibu hamil juga, lho. Buah ini sering kali ditemukan di Indonesia-Melayu dan wilayah Asia Tenggara lainnya. Rambutan adalah pohon tropis berukuran sedang dan termasuk dalam keluarga Sapindaceae. Rambutan memiliki nama ilmiah yang disebut Nephelium lappaceum, nama rambutan juga mengacu pada buah lezat. Buah ini tumbuh wilayah Melayu-Indonesia dan wilayah tertentu lainnya di Asia Tenggara.

Tidak usah panjang lebar lagi, kali ini kita akan membahas manfaat rambutan yang baik untuk kesehatan dan ibu hamil.

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Manfaat RambutanManfaat Rambutan © 2021 freepik.com

Buah rambutan memberikan manfaat bagi semua orang. Tidak hanya buahnya, bahkan daun dan kulit kayunya pun cukup bermanfaat. Selain itu memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu dan bayinya juga. Beberapa manfaat kesehatan diberikan seperti di bawah ini:

Meminimalkan Terjadinya Mual dan Pusing

Manfaat rambutan sangat berpengaruh terhadap hormon wanita di saat kehamilannya. Beberapa wanita sering mengalami rasa mual sepanjangan waktu dan beberapa lainnya merasa mual dalam waktu singkat atau tidak sama sekali. Nah, rambutan memberikan manfaat untuk meredakan rasa mual dan pusing itu. Kandungan airnya yang cukup dan buahnya yang terasa lezat membuat ibu hamil bisa meredakan rasa mual dan pusing itu.

Sumber Zat Besi yang Tinggi

Manfaat rambutan lainnya adalah kaya akan zat besi. Zat besi mampu membantu dan menjaga kadar hemoglobin terkendali. Zat besi dalam rambutan juga mampu meminimalkan kelelahan yang ditimbulkan saat hamil.

Mencegah Sembelit saat Kehamilan

Ibu hamil sering sekali mengalami sembelit saat usia kehamilannya sudah besar. Mengonsumsi buah rambutan secara teratur mampu memberikan manfaat pada sistem pencernaan kamu. Sehingga masalah sembelit terhindari.

Meningkatkan Kekebalan Sistem Imun

Manfaat rambutan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan sangat diperlukan oleh ibu hamil. Ibu hamil sangat lemah dan rentang terkena penyakit dan infeksi. Rambutan sendiri kaya akan kandungan tembaga yang mampu memproduksi sel darah putih dan dapat melawan penyakit.

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Rambutan

Manfaat RambutanManfaat Rambutan © 2021 freepik.com

Bijinya Bisa Dijadikan Snack 

Manfaat rambutan ternyata bijinya kaya akan lemak, protein, karbohidrat, dan lemak. Saat direbus atau dipanggang, biji rambutan bisa dijadikan cemilan yang enak sekaligus menyehatkan. Tapi perlu diperhatikan, jagang mengonsumsi biji rambutan dalam keadaan mentah karena mengandung senyawa yang beracun bagi tubuh.

Membantu Meningkatkan Texture Kulit

Manfaat rambutan memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membuat kulit terhidrasi, tetap halus, lembut, dan kenyal. Bijinya juga memiliki sifat oksidatif yang membantu menghilangkan noda dan membuat kulit bercahaya dan awet muda.

Cara menggunakannya adalah hancurkan biji beberapa rambutan menjadi pasta halus dan oleskan pada kulit setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih tanpa bercak atau bintik hitam.

Anti Diabetes

Manfaat biji buah rambutan bersifat anti diabetes. Hal itu  karena membantu menjaga gula darah pada tingkat yang sehat. Ramuan berikut bisa sangat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula mereka tetap terkendali, sekaligus menyembuhkan rasa sakit khas yang dialami oleh penderita diabetes melitus.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Rambutan

Manfaat RambutanManfaat Rambutan © 2021 may_chanikran on freepik

Meningkatkan Hormon Sexual

Manfaat rambutan dari segi daunnya mampu membantu merangsang hormon untuk meningkatkan gairah sexual. Daun rambutan dikenal sebagai afrodisiak yang efektif. 

Mencegah Rambut Beruban

Manfaat rambutan dari daunnya dapat mencegah rambut beruban. Rambut beruban terjadi karena rendahnya kandungan melanin pada rambut. Terkadang, sel-sel melanosit yang sudah tua tidak dapat menjamin keefektifan 100% dalam memproduksi melanin rambut yang bertanggung jawab atas warna rambut. Daun rambutan memiliki kemampuan untuk menghidupkan pigmen rambut mati, yang memperlambat proses rambut beruban.

Manfaat rambutan tidak hanya dari segi buahnya, tapi daun dan bijinya juga bisa dimanfaatkan tubuh untuk kesehatan. Sudah banyak ternyata, obat-obat herbal yang menggunakan rambutan sebagai bahan dasarnya. Nah, untuk itu adakah di sini yang masih tidak suka dengan buah rambutan?

Beri Komentar