8 Macam Gangguan Mental yang Wajib Kamu Tahu

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 12:11
8 Macam Gangguan Mental yang Wajib Kamu Tahu
Gangguan Mental banyak sekali macamnya. Kamu sudah tahu yang mana saja?

Istilah gangguan mental atau 'mental illness' memang udah nggak asing lagi di benak masyarakat luas. Tapi, sangat sedikit yang tahu apa aja macam-macam gangguan mental tersebut.

Setidaknya kurang lebih ada 300 macam gangguan mental. Namun, dilansir dari Healthline (02/12), setidaknya ada 8 macam gangguan mental yang mesti kamu ketahui.

1 dari 8 halaman

1. Bipolar Disorder

Gangguan bipolar merupakan penyakit mental yang banyak diidap kebanyakan orang. Penyakit ini merupakan perubahan suasana hati secara drastis dalam waktu yang singkat. Tanda-tanda seseorang yang memiiki gangguan ini biasanya memiliki semangat yang memuncak, kebahagiaan yang sangat tinggi dan juga depresi yang sangat parah tentunya

2 dari 8 halaman

2. Persistent Depressive Disorder

Gangguan depresi persisten juga biasa disebut dengan dysthymia. Gangguan ini termasuk jenis depresi kronis, karena sekali terkena, gejala yang dialaminya bisa mencapai setidaknya dua tahun.

3 dari 8 halaman

3. Generalized Anxiety Disorder

Sesuai namanya, gangguan kecemasan umum merupakan kecemasan yang dialami seseorang pada umumnya. Mereka yang memiliki gangguan ini akan mencemaskan dan mengkhawatirkan banyak hal, bahkan tanpa ada alasan yang masuk akal.

4 dari 8 halaman

4. Major Depressive Disorder

Gangguan ini menyebabkan perasaan sedih akut dan biasanya berlangsung selama mungkin setidaknya 2 minggu. Akibatnya adalah seseorang yang mengidap gangguan ini akan mempunyai pemikiran percobaan bunuh diri. Makanya, gangguan ini juga disebut sebagai depresi klinis.

5 dari 8 halaman

5. Obsessvie-Compulsive Disorder

Gangguan ini membuat pengidapnya mempunyai pikiran atau obsesi yang konstan dan berulang-ulang. Keinginan-keinganan yang terpikirkan padahal nggak penting sama sekali, tapi selalu saja ada dorongan-dorongan kuat melakukannya. Padahal, si pengidap tahu betul bahwa keinginan-keinginan itu nggak penting sama sekali.

6 dari 8 halaman

6. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Gangguan PTSD merupakan gangguan mental yang disebabkan adanya pengalaman traumatis di dalam hidupnya, entah itu menyaksikan atau mengalami sendiri. Gangguan ini bisanya akan muncul ketika orang dengan gangguan ini mengalami atau menyaksikan suatu kejadian yang serupa seperti kejadian masa lalu yang telah membuatnya trauma.

7 dari 8 halaman

7. Schizophrenia

Skizofrenia segalanya tentang halusinasi dan delusi. Mereka yang mengidap gangguan ini memiliki cara pandang nggak masuk akal terhadap realitas dunia. Gangguan ini bisa mencelakakan diri mereka sendiri jika nggak diatasi dengan segera.

8 dari 8 halaman

8. Social Anxiety Disorder

Gangguan kecemasan sosial, namun orang-orang sering menyebutnya dengan fobia sosial bahkan anti-sosial. Gangguan ini menyebabkan penderitanya nggak percaya diri dengan masyarakat, bahkan bisa sangat gugup jika bertemu orang baru apalagi menghadiri sebuah acara yang banyak orang.

Beri Komentar