7 Ciri-Ciri Pria Mandul secara Fisik beserta Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 8 Maret 2021 16:43
7 Ciri-Ciri Pria Mandul secara Fisik beserta Penyebabnya
Ciri-ciri pria mandul apakah bisa dideteksi secara fisik dan diketahui sebelum menikah? Ternyata ada beberapa gejala yang terlihat.

Andaikan ciri-ciri pria mandul bisa terlihat jelas secara fisik tanpa melalui pemeriksaan dan sebelum menikah, mungkin tak akan ada kasus perceraian karena tak tercapainya harapan pasangan untuk memiliki anak dan tak ada lagi yang menyalahkan wanita atas ketidak hadiran buah hati dalam pernikahan. Sayangnya, itu tak terjadi.

Ngomongin soal kemandulan, sebenarnya satu dari tujuh pasangan diperkirakan tidak subur yang artinya mereka tidak bisa memiliki keturunan walaupun melakukan hubungan seksual tanpa pelindung sesering mungkin, selama satu tahun atau lebih. Dan dikutip dari Mayo Clinic, setengah dari kasus tersebut terjadi karena ketidak suburan di sisi pria.

Mandul pada pria bisa terjadi karena produksi sperma yang rendah, fungsi sperma yang tidak normal atau penyumbatan yang menghalangi mobilitas sperma. Faktor lain bisa karena penyakit, cedera, masalah kesehatan yang kronis, gaya hidup dan juga banyak faktor lainnya.

Apakah ini bisa diobati? Kemungkinan bisa. Tapi apakah ciri-ciri pria mandul bisa terlihat tanpa melalui pemeriksaan? Tunggu dulu.

Ciri-ciri pria mandul sering kali tak terlihat dan baru ketahuan ketika sedang menjalani program memiliki anak. Dikutip dari berbagai sumber, yuk cari tahu seperti apa tandanya

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Pria Mandul secara Fisik

Ciri-Ciri Pria Mandul © Diadona

Masih dari Mayo Clinic, ciri-ciri pria mandul yang terlihat secar fisik antara lain:

  • Perubahan gairah seksual. Kesuburan pria juga berkaitan dengan kesehatan hormonnya. Nah, hormon ini juga berkaitan dengan gairah seksual pada pria tersebut, sehingga ketika terjadi perubahan seksual maka bisa mengindikasikan masalah kesuburan. Ciri-ciri pria mandul terkait dengan maslaha hormon ini juga berpengaruh pada kesulitan mempertahankan ereksi.
  • Terdapat nyeri, bengkak dan juga benjolan di area testis
  • Munculnya infeksi saluran pernapasan berulang
  • Pertumbuhan tidak normal pada payudara
  • Rambut wajah atau tubuh yang berkurang, serta keberadaan tanda lain karena kromosom atau hormonal
  • Ketidak mampuan untuk mencium
  • Jumlah sperma yang lebih rendah ketimbang biasanya. Bila pria normal biasanya memiliki jumlah sperma total 39 juta per ejakulasi atau lebih, atau 15 juta sperma per mililiter, maka ciri-ciri pria mandul adalah kurang dari nilai tersebut.

2 dari 3 halaman

Ciri Fisik Pria Mandul

Ciri-Ciri Pria Mandul © Diadona

Lalu bisakah ciri-ciri pria mandul terlihat dari fisik? Dikutip dari Healthline, tanda yang terlihat kurang lebih:

Nyeri atau Bengkak pada Testis

Memag ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan testis terlihat bengkak atau terasa nyeri, dan salah satunya adalah kemandulan.

Testis Kecil

Tahukan bahwa testis berfungsi untuk menampung sperma. Sehingga, kesehatan testis ini penting banget untuk kesuburan pria. Testis yang keras atau kecil bisa jadi merupakan ciri-ciri pria mandul, sehingga harus mendapatkan penanganan dari dokter.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Pria Mandul dan Penyebabnya

Ciri-Ciri Pria Mandul © Diadona

Dikutip dari Mayo Clinic, kesuburan pria adalah suatu proses yang kompleks. Kita kenali dulu ya gimana proses kehamilan bisa terjadi pada hubungan suami istri:

Suami Harus Punya Sperma yang Kuat

Untuk mendapatkan sperma yang kuat, ini melibatkan pertumbuhan dan pembentukan organ reproduksi pria selama masa pubertas. Paling tidak salah satu testis kudu berfungsi dengan benar trus tubuh harus punya testoteron yang cukup untuk memicu dan mempertahankan produksi sperma.

Sperma Harus Dibawa ke Air Mani

Setelah sel sperma diproduksi maka tabung haludu kudu mengangkutnya sampai bercampur dengan air mani trus selanjutnya dikeluarkan dari penis

Air Mani Harus Mengandung Cukup Sperma

Jumlah sperma yang rendah adalah kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani atau kurang dari 39 juta per ejakulasi adalah ciri-ciri pria mandul

Sperma Harus Berfungsi dan Bisa Bergerak

Sperma yang tidak bergerak dan berfungsi dengan normal merupakan ciri-ciri pria mandul karena nggak bisa mencapai atau menembus sel telur pasangan

Nah dari proses di atas dapat diketahui kan apa ssaja kemungkinan yang jadi penyebab pria mandul.

Selain itu ada juga ragam penyebab medis lainnya yakni:

Varikokel

Yaitu pembengkakan pembuluh darah yang mengalirkan testis dan merupakan penyebab ketidaksuburan pria yang paling umum. Varikokel menyebabkan berkurangnya kuantitas dan kualitas sperma.

Infeksi

Beberapa infeksi dapat mengganggu produksi sperma atau kesehatan sperma atau dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma diantaranya peradangan epididimis, testis dan penyakit menular seksual

Masalah Ejakulasi

Yaitu saat air mani masuk ke dalam kandung kemih, alih-alih ke ujung penis

Ketidak Seimbangan Hormon

Yakni kelainan pada testis itu sendiri atau kelainan yang mempengaruhi sistem hormonal lain termasuk hipotalamus, hipofisis, tiroid, dan kelenjar adrenal.

Sperma Diserang Oleh Antibodi

Antibodi salah mengenali sel sperma sebagai suatu infeksi dan malah menyerangya

Testis Tidak Turun

Pada beberapa pria, selama perkembangan janin, satu atau kedua testis gagal turun dari perut ke dalam kantung yang biasanya berisi testis (skrotum)

Ada pula karena masalah dengan hubungan seksual, penyakit celiac, konsumsi obat-obatan tertentu, paparan bahan kimia, logam berat sinar X dan lainnya yang bisa menjadi penyebab kemandulan pria

Ciri-ciri pria mandul sebaiknya segera ditelusuri setelah satu tahun melakukan hubungan seksual yang rutin tanpa pengaman. Segera periksakan diri ke dokter agar segera tertangani dan program kehamilan cepat tercapai.

Beri Komentar