6 Makanan Ini Hindarkan Kulitmu dari Penuaan Dini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 16:57
6 Makanan Ini Hindarkan Kulitmu dari Penuaan Dini
Penuaan dini merupakan salah satu faktor bertambahnya usia yang tak dapat dihindari, namun kamu dapat menghindari penuaan dini dengan 6 makanan berikut.

Penuaan adalah bagian alami dari kehidupan yang tidak bisa dihindari. Namun, makanan yang kamu konsumsi turut berkontribusi dalam proses penuaan yang ada di kulit kamu.
Munculnya keriput halus atau garis-garis tipis pada kulit adalah salah satu tanda kulit mengalami penuaan. Tidak jarang kulit lebih cepat mengalami penuaan, tidak hanya kurangnya perawatan pada kulit, tapi juga makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena itulah penting untuk mencukupi beberapa nutrisi tubuh yang berguna untuk menghindari penuaan dini. Dirangkum dari healthline(24/04), berikut ini adalah makanan yang bisa menghindarkan kamu dari penuaan dini.

1. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme dan sebagai respons terhadap stres. Antioksidan mengubah struktur mereka sehingga mereka tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Teh hijau sangat tinggi antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung. Polifenol juga dapat membantu melindungi kolagen, protein utama di kulit. Ini dapat mengurangi dan bahkan sebagian membalikkan beberapa tanda penuaan.

2. Cokelat Hitam
Penelitian menunjukkan itu dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin dan meningkatkan fungsi arteri dan elastisitas.

3. Ikan yang Berlemak
Ikan berlemak dapat memberikan perlindungan dari kerusakan kulit yang terjadi sebagai respons terhadap peradangan dan paparan sinar matahari. Astaxanthin dalam salmon juga dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

4. Delima
Delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Antioksidan mereka nampaknya bahkan lebih tinggi daripada teh hijau.
Delima mengurangi peradangan, membantu mencegah kerusakan dari kadar gula darah tinggi dan dapat meningkatkan hasil pada pasien dengan kanker usus besar. Selain itu juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Selain rasanya yang enak, alpukat mencegah kerusakan kulit terkait matahari dan juga dapat membantu melindungi DNA dalam sel-sel kulit.

6. Tomat
Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya karna memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen adalah jenis karotenoid yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat. Studi menunjukkan bahwa itu juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak.

Tomat mengandung likopen tinggi, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mengurangi keriput.

Beri Komentar