5 Sayuran Ini Dapat Membuat Kulitmu Jadi Sehat Alami

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 16:37
5 Sayuran Ini Dapat Membuat Kulitmu Jadi Sehat Alami
Kulit yang sehat berasal dari makanan yang sehat, kamu perlu mengkonsumsi sayuran berikut ini yang ampuh melembabkan dan menyehatkan kulit.

Nutrisi yang dikonsumsi penting untuk kesehatan tubuh. Diet yang tidak sehat dapat merusak metabolisme, menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan melukai organ, seperti jantung dan hati. Tak hanya itu, apa yang kamu makan juga berdampak pada organ lainnya, yaitu kulit.

Dirangkum dari healthline (17/09), penelitian lebih lanjut tentang diet dan tubuh, menunjukkan bahwa apa yang kamu makan dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan dan penuaan pada kulit.

1. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kesehatan kulit.
Suatu studi di lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan tinggi lemak total (khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat) dikaitkan dengan kulit lembab dan kenyal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan yang disebabkan UV pada kulit dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif bila dikombinasikan dengan vitamin C.

Vitamin C juga penting untuk kulit yang sehat. Kulit membutuhkannya untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit kuat dan sehat.

2. Biji Bunga Matahari (Kuwaci)
Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber nutrisi bagi kulit yang baik. Biji bunga matahari adalah salah satunya. Biji bunga matahari adalah sumber nutrisi yang sangat baik karena mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan penting bagi kulit.

3. Ubi jalar
Beta-karoten adalah nutrisi yang ditemukan pada tanaman jalar. Berfungsi sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Beta-karoten dapat kamu temukan dalam jeruk dan sayuran seperti wortel, bayam dan kentang manis. Namun ubi jalar adalah sumber yang paling direkomendasikan. Karena 100 gram ubi jalar panggang mengandung cukup beta-karoten. Karotenoid seperti beta-karoten menjaga kulitmu tetap sehat dengan bertindak sebagai tabir surya alami.

Ketika dikonsumsi, antioksidan ini dimasukkan ke dalam kulit dan melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ini dapat membantu mencegah kulit terbakar, kematian sel, dan kulit kering dan keriput.

4. Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk vitamin A dan vitamin C. Selain itu, sayuran ini juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti beta-karoten. Lutein melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusut.

Tetapi kuntum dari brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane yang memiliki bahkan mungkin memiliki efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

5. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin C yang bagus dan mengandung banyak karotenoid, termasuk likopen. Beta-karoten, lutein, dan likopen telah terbukti bekerja melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Mereka juga dapat membantu mencegah kerutan. Karena tomat mengandung semua karotenoid utama, mereka merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kamu dapat mengkombinasikan tomat dengan makanan yang memiliki sumber lemak, seperti keju atau minyak zaitun. Karena Lemak meningkatkan penyerapan karotenoid.

Nah itu dia sayuran yang dapat membuat kulitmu jadi makin sehat, selamat mencoba!

Beri Komentar