5 Penyebab Kanker Lidah pada Wanita dan Pencegahannya

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 8 Juli 2020 17:06
5 Penyebab Kanker Lidah pada Wanita dan Pencegahannya
Kenali penyebab kanker lidah dan pencegahannya di bawah ini ya girls!

Ada beberapa kebiasaan penyebab kanker lidah yang perlu kamu hindari. Kanker lidah ini berawal dari kanker yang tumbuh di jaringan lidah. Biasanya ditandai dengan munculnya gejala beruapa bercak warna merah atau putih di lidah serta rasa sakit di tenggorokan yang berlarut-larut.

Tahu nggak sih, kanker lidah paling sering menyerang seorang perokok dan pecandu alkohol! Selain itu juga mudah terjadi pada seseorang yang pernah menderita infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus).

Biasanya, kanker lidah paling umum terjadi di ujung atau pangkal lidah. Kanker berasal dari jaringan lidah yang mengalami kelainan dan tumbuh secara tidak normal.

1 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Lidah dan Pencegahannya

Penyebab Kanker Lidah dan Pencegahannya © Diadona
Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, penyebab kanker lidah paling banyak diderita seorang perokok atau pecandu alkohol. Jadi, pastinya kedua hal ini harus dihindari guys.

Berikut ini penyebab kanker lidah dan pencegahannya yang bisa kamu lakukan sejak sekarang.

1. Berhenti dari kebiasaan merokok atau mengonsumsi tembakau.

2. Hentika kebiasaan minum alkohol sejak dini.

3. Rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk memperkaya nutrisi bagi tubuh.

4. Menjaga kebersihan gigi dan mulut.

5. Rutin pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut.

6. Mendapatkan vaksinasi HPV.

7. Melakukan hubungan seks dengan aman, yaitu tidak gonta-ganti pasangan dan menggunakan pengaman.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kanker Lidah pada Wanita

Penyebab Kanker Lidah © Diadona
Kalau tadi sudah membahas langkah awal pencegahannya, berikut ini penyebab kanker lidah pada wanita yang perlu kita hindari.

Kanker lidah ini terjadi dikarenakan adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel-sel jaringan lidah. Perubahan ini menyebabkan sel tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali sehingga menjadi sel kanker.

Sayangnya, penyebab jelasnya mutasi genetik ini sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun, merangkum dari berbagai sumber, laki-laki yang berusia di atas 50 tahun dan ada anggota keluarga yang menderita kanker lidah, lebih berisiko terkena.

3 dari 5 halaman

Merokok

ilustrasi wanita merokok © Diadona
Memiliki kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan organ dalam, begitupun dengan kodisi kulit kita. Rokok atau tembakau juga meningkatkan risiko terkena kanker lidah karena paparan zat pemicu kanker, yaitu karsinogenik di dalam tembakau.

Alkohol


Pecandu alkohol memiliki risiko tinggi menderita penyakit kanker darah ini guys. Jadi, yuk, mulai sekarang dibatasi atau malah lebih baik kalau berhenti dari kebiasaan minum alkohol

4 dari 5 halaman

Infeksi HPV

Ilustrasi HPV © Diadona
Terkena infeksi Human Papillomavirus atau HPV juga menjadi penyebab kanker lidah sebab bisa membuat pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut. Infeksi ini bisa terjadi dan menyebar melalui hubungan seksual secara oral.

Pola Makan yang Buruk


Kurangnya mengonsumsi buah dan sayur yang kayak akan nutrisi juga bisa menyebabkan kanker lidah loh guys! Apalagi kalau kamu memiliki pola makan yang nggak sehat, kayak suka telat dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Rongga Mulut yang Tidak Sehat

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona
Menjaga kesehatan rongga mulut juga penting. Kanker lidah berkaitan dengan bentuk gigi yang nggak rata, kasar dan bergerigi juga bentuk gigi palsu yang nggak sesuai.

Itulah penyebab kanker lidah dan pencegahannya yang bisa mulai kamu praktikan setelah membaca ini. Yuk, lebih perhatikan lagi kondisi kesehatan gigi dan mulutmu!

Beri Komentar