5 Makanan Yang Ternyata Tidak Lebih Baik Dari Rokok

Reporter : Sofi
Senin, 30 Desember 2019 17:49
5 Makanan Yang Ternyata Tidak Lebih Baik Dari Rokok
Banyak makanan yang kita kira sehat ternyata buruk untuk kesehatan kita. Apa saja itu? Berikut makanan yang ternyata tidak lebih baik dari rokok.

Diet yang tidak seimbang dapat membunuh labiih banyak orang saat ini daripada merokok. Para ilmuwan menemukan bahwa kekurangan nutrisi penting dapat membahayakan kesehatan. Namun beberapa produk yang kita sertakan dalam makanan kita karena sifat-sifatnya yang bermanfaat, juga dapat merusak tubuh kita. Di antaranya adalah jus buah segar yang terlihat sehat dibandingkan dengan minuman bersoda, tetapi sebenarnya dapat membawa selangkah lebih dekat dengan diabetes. Dilansir dari Brightside.me berikut adalah 5 makanan yang kita kira adalah makanan sehat yang ternyata tidak.

1 dari 5 halaman

1. Jus Buah Segar

jus buah © Diadona

Buah dianggap penting untuk nutrisi tubuh dan jus buah segar adalah cara mudah untuk menambahkannya ke konsumsi harianmu. Tapi dalam bentuk jus, buah-buahan kehilangan sebagian besar elemen sehatnya, seperti serat, yang memainkan peran penting dalam pencegahan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Selain itu, konsumsi jus yang tidak terkontrol sebenarnya dapat menyebabkan masalah kesehatan karena jumlah gula yang dikandungnya. Faktanya beberapa dari mereka memiliki gula sebanyak total kaleng minuman bersoda.

Dalam mengkonsumsi buah lebih baik untuk memakan buah aslinya daripada mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Satu buah sudah cukup untuk membuat kamu kenyang dan memuaskan keinginan anda untuk sesuatu yang manis, sedangkan untuk membuat segelas jus biasanya membutuhkan beberapa buah sekaligus bahkan dicampur dengan gula.

2 dari 5 halaman

2. Granola Bars

granola bars © Diadona

Meskipun kaya nutrisi, beberapa batang granola juga kaya akan gula tambahan. Menurut Database Nutrient, snack bar paling populer mengandung 15 hingga 30 gram gula per sajian. Di sisi lain, jika dipilih dengan benar, snack bar adalah cara yang sempurna untuk membunuh rasa lapar dan menghindari makan berlebihan karena mereka tidak proposional dan mengandung banyak nutrisi penting. Snack bar yang bagus harus memiliki setidaknya 3 gram serat, 5 gram protein, dan kurang dari 10 gram gula.

3 dari 5 halaman

3. Sushi

sushi © Diadona

Sushi itu sendiri bukanlah makanan yang berbahaya. Namun, berbagai zat aditif dalam sushi lah yang menjadi masalah utama. Banyak sushi roll saat ini mengandung mayones, krim keju, saus, dan produk kontroversial lainnya yang meningkatkan nilai gizi sushi dan membuat satu set sushi roll secara sembarangan dapat memenuhi asupan kalori kamu sepanjang hari. Untuk menghindari masalah berat badan, pilihlah sushi roll sederhana dengan salmon atau gunakan sashimi.

4 dari 5 halaman

4. Makanan Bebas Lemak

ice cream © Diadona

Diet bebas lemak akhir-akhir ini sedang marak terjadi. Sampai ahli gizi menyadari bahwa produsen mulai mengganti lemak sehat dengan gula olahan untuk menjaga rasa alami produk. Jadi, ali-alih memiliki apa yang tampak seperti camilan sehat, kamu benar-benar mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak yang disamarkan. Sekarang para ahli merekomendasikan untuk memilih produk susu yang kaya protein dan lemak sehat, seperti keju cottage atau yogurt Yunani, yang tidak mengandung gula olahan.

5 dari 5 halaman

5. Roti Putih

roti putih © Diadona

Roti putih adalah produk lain yang terbuat dari biji-bijian olahan yang tidak memiliki nutrisi dan serat yang sehat. Sementara serat berkontribusi pada berat badan yang sehat, tekanan darah yang baik, dan risiko diabetes dan penyakit jantung dan saluran darah yang lebih rendah, sedangkan roti putih tidak memiliki kandungan tersebut. Roti gandum dapat menajdi sebuah alternatif yang baik bagimu. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi harian mengurangi risiko pengembangan penyakit yang disebutkan di atas.

Apakah ada makanan favoritmu yang disebutkan di atas? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar