31 Cara Menghilangkan Stres Pikiran Berat Menurut Islam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Januari 2020 18:15
31 Cara Menghilangkan Stres Pikiran Berat Menurut Islam
Seumur hidup, manusia bakalan mengalami stress. Penanganannya lah yang akan membuat manusia jadi lebih dewasa, atau justru akan melebarkan masalah.

Secara umum, stress berhubungan dengan faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal ini meliputi lingkungan, fisik, pekerjaan, hubungan dengan orang lain, dan apa saja yang harus kamu hadapi setiap hari. Sedangkan faktor internal meliputi bagaimana kemampuan tubuh untuk merespon dan menangani apa yang menjadi.

Untuk itu, kamu butuh pertolongan untuk membantu kamu menangani masalah ini. Ada 31 cara yang sudah Diadona rangkum untuk kamu, yuk disimak!

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Pikiran

Ilustrasi Wanita GalauIlustrasi Wanita Galau © 2020 https://www.diadona.id/healthline

Apapun besar stressnya, ini sudah jadi bagian dari kehidupan yang nggak bisa kamu hindari. Karena kamu nggak bisa mengendalikan keadaan di sekitar kamu, maka cara menghilangkan stress terbaik yakni dengan gimana cara kamu meresponnya.

Apakah cukup bijaksana dan membuat stress berangsur hilang, atau diliputi dengan tindakan lain yang justru membuat masalah semakin berat dan stress makin memuncak?

Hindari Alkohol dan Kafein

Untuk sebagaian orang, minum alcohol atau merokok bisa mengurangi tingkat stress. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar, alkohol memang bsia jadi obat bagi depresi, namun jumlah kecinya justru menjadi stimulan bagi stress itu sendiri. Untuk cara menghilangkan stress, lebih baik tukar alcohol kamu dengan susu, jus buah atau air putih.

Kurangi Asupan Gula Olahan

Stres cenderung membuat kamu jadi suka ngemil. Namun perlku diingat, kelebihan asupan gula olahan akan menyebabkan energi crush, yang lebih lanjut bisa membuat kamu merasa mudahlelah dan gampang tersinggung. Kalau kamu ingin ngemil, coba deh ambil camilan yang sehat dan bergizi.

Melakukan Aktivitas Fisik

Situasi stress bakalan meningkatkan produksi hormone adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Hormon ini memang dipasangkan dalam system otak kita untuk melindungi diri saat dalam kondisi di bawah ancaman. Nah, untuk memetabolisme jumlahnya yang berlebihan, kamu perlu aktivitas fisik sehingga tubuh dan pikiran kamu kembali dalam kondisi yang lebih tenang dan santai.

Banyak Tidur

Kurang tidur bisa menjadi penyebab utama munculnya stress. Sialnya, keberadaan stress bisa bikin kamu juga nggak bisa tidur. Muter-muter terus, kan? Makanya, cara menghilangkan stress yang mudah ialah dengan cukup tidur.

Kalau kamu susah tidur, kamu bisa melakukan relaksasi sebelum tidur, atau membuat kondisi yang aman dan tenang di kamar tidur kamu.  

Coba Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi telah banyak diuji dan terbukti sebagai cara menghilangkan stress, lho. Kamu bisa mencari tutorialnya yang banyak tersedia di internet, dan pilih mana yang paling sesuai untuk kamu. Di awal latihan, kamu mungkin akan sulit untuk tenang, rileks, dan konsentrasi. Tapi nggak apa-apa kok, karena relaksasi adalah ketrampilan yang perlu dipelajari dan akan meningkat seiring dengan latihan kamu.

Ngobrol dengan Orang Lain

Saat kamu ngobrol dengan seseorang, pikiran kamu akan teralihkan dari hal-hal yang bikin kamu stress. Ditambah, kamu juga bisa melepaskan ketegangan kamu dengan mendiskusikan masalahnya pada orang lain. Mencari sudut pandangn baru lewat ngobroil dengan orang bisa menempatkan stress kamu dalam perspektif lain.

Bikin Jurnal

Jurnal perasaan ini nggak cuman mencatat curhat kamu pada momen bahagia atau sedih, tapi juga saat kamu sedang dilanda stress. Cara menghilangkan stress dengan ini cukup mudah, yakni menulis tingkat stress kamu dalam skala angka, sertakan apa yang kamu lakukan untuk mengusirnya dan hal-hal apa saja yang kamu lakukan sebelum stress itu muncul. Tambahkan pula apa yang kamu lakukan saat stress itu melanda.

Catatan tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk memahami apa saja penyebab stress lalu menghindarinya, dan mengembangkan mekanisme terbaik saat stress tersebut muncul lagi.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam

Ilustrasi sholat siluetIlustrasi sholat siluet © 2019 https://www.diadona.id / ink of faith

Stres menyebabkan ketegangan fisik, mental, maupun spiritual. Kamu kadang nggak bisa sepenuhnya lari dari hal-hal yang bikin kamu stress, maka cara menghilangkan stress terbaik yakni dengan menghadapinya. Saat stress yang kamu hadapi sudah menggangu secara fisik dan mental, kamu perlu kunjungan ke dokter untuk melaluinya. Tapi, nggak ada salahnya untuk mencari bantuan dari sisi spiritual.

Berdoa

Saat kamu dilanda stress, ubah perasaan tersebut menjadi permohonan untuk Allah SWT. Jadikan tekanan tersebut untuk bersujud dan mendekat kepada-Nya. Tenang aja, Dia mendengar dan sudah tahu apa-apa yang ada di hati kamu, kok.

Diriwayatkan oleh Timidzi, Rasulullah pernah bersabda “ Allah marah kepada mereka yang tidak meminta apapun kepada-Nya,”

Melakukan Tugas dengan Sebaik-Baiknya

Kamu memang punya Allah yang mengatur dan menolong hidup kamu, tapi, usahakan terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai manusia. Hal tersebut mungkin sesuai dengan kisah nabi berikut.

Suatu ketika Nabi Muhammad melihat seorang Badui yang meninggalkan untanya tanpa diikat. Nabi kemudian bertanya mengapa, dan orang tersebut menjawab “ Aku menaruh kepercayaanku kepada Allah,”. Mendengar jawaban tersebut, Nabi bersabda “ Ikat unta Anda terlebih dahulu, lalu selanjutnya percayakan kepada Allah,”

Dengan kamu telah bertanggung jawab dengan bagianmu, itu berarti jadi cara menyingkirkan stress karena kamu tidak perlu sangat menyesal dan menyalahkan dirimu sendiri kalau-kalau ada hal buruk yang terjadi.

Berserah setelah Berusaha

Meski kamu sudah berusaha sebiak mungkin, ingat deh kalau Allah lah yang akan mengendalikan hasil dari perjuangan tersebut. Dengan mengingatnya, bisa menjadi cara menghilangkan stress kalau saja hasilnya tidak sesuai dengan harapan kamu.

Salat Lima kali Sehari

Gunakan kesempatan untuk mendekat kepada Allah lima kali sehari sebagai cara menghilangkan stress. Saat salat adalah waktu terbaik untuk meminta, berserah, dan bersyukur.

Bersabar

Dalam Al Quran disebut manusia bisa mencari pertolongan dengan sabar dan solat. Intruski dari Allah ini dapat mnecari cara menghilangkan stres dan rasa khawatir yang kamu lalui. Sabar yang dimaksud nggak melulu soal berdiam diri, namun juga merujuk pada control diri, ketekunan, daya tahan, dan perjuangan untuk mencapai sesuatu.

Menyadari Kalau Semuanya Atas kehendak Allah

Penting untuk menyadari kalau apa yang terjadi sudah atas ketetapan dari Allah. Lalu, untuk apa jadi stress dan tertekan ketika semuanya berjalan nggak sesuai dengan rencana kamu? Bisa aja Dia sedang menyiapkan hal-hal baik yang tidak kamu sangka sebelumnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Berat

Ilustrasi galauIlustrasi galau © 2019 https://www.diadona.id/Healthline

Stres yang berat biasanya akan berdampak pada kesehatan kamu. Makanya, segera cari bantuan dan solusi menanganisnya. Tapi, nggak ad acara menghilangkan stress yang cocok untuk semua orang. Apa yang mungkin berhasil pada satu orang kemungkinan belum tentu berguna pada stress di orang lain.

Ambil Kendali

Bukan nggak mungkin stress yang kamu alami terjadi karena masalah yang sebenarnya masih sangat mungkin dipecahkan. Namun, karena kamu sedang dalam kondisi tertekan, kamu jadi nggak bisa melihat dengan jernih solusi yang terlihat. Cara menghilangkan stress yakni dengan menulsikan masalah kamu, lalu tuliskan apa saja langkah yang bisa kamu lakukan, kapan, di mana dan siapa saja yang terlibat dalam masalah.

Atur Waktu

Kadang stress muncul karena banyaknya hal yang harus kamu lakukan di saat yang sempit. Selain terbatas waktu, kamu juga terbatas dari sisi tenaga pikiran, kan? Cara menghilangkan stresnya yakni dengan menerima saja kalau nggak smeua hal bisa kamu kerjakan seluruhnya. Harus ada orang yang kamu delegasikan, atau kalayu terpaksa, pilih tugas mana yang menjadi prioritas dan bisa kamu kerjakan di waktu yang lain.

Coba Berkata ‘Tidak’

Nggak selamanya stress berasal dari siri sendiri, karena kadang kala tekana itu dating dari orang lain. Sulit sih, tapi coba deh mengatakan ‘tidak’ untuk hal-hal yang ke depannya akan membuat beban kamu pikiran, fisik dan mental kamu semakin berat.

Minum Suplemen

Dilansir dari healtline, beberapa sumpleme ampuh untuk cara menghilangkan stres stress dan kecemasan. Suplemen yang paling umum digunakan diantaranya

Lemon Balm : Merupakan jenis mint yang telah diketahui secara penelitian efeknya sebgai anti-kecemasan

Asam Lemak Omega-3 : Sebuah studi menyebut bahwa sujplemen ini bisa mengurangi kecemasan hingga 20 persen yang dialami partisipan

Teh Hijau : Polifenol pada the hijau mampu menurunkan stre dan kecemasan dengan peningkatan kadar serotonin dalam tubuh.

Nyalakan Lilin Aromaterapi

Beberapa aroma yang terhidrup bisa mengobati suasana hati, dan keampuhannya telah terbukti melalui berbagai penelitian ilmiah. Ditambah, aroma tersbut bisa mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa menggunakan aroma lavender, mawar, akar wangi, bergamot, chamomile, atau kayu cendana.

Ambil Pertolongan Medis

Saat stres mulai mengganggu aktivitas kamu dan mempengaruhi bagaimana kamu berinterkasi dnganorang lain, maka kamu harus segera mencari pertolongan dengan mengujungi dokter. para ahli medis bisa mengetahui cara menghilangkan stres yang ampuh untuk kondisi kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres bersama Pasangan

Ilustrasi pasangan bertengkarIlustrasi pasangan bertengkar © 2020 https://www.diadona.id / thestar

Secara tidak kita sadari dan akui, stress bisa berpengaruh terhadap hubungan percintaan kamu. Terlebih, stress bisa saja menular layaknya Gerakan pada bola ping-pong dimana ketegangan akan memantul bolak – balik pada pasangan. Pasangan yang sedang stress akan bertengkar lebih sering, saling menarik diri, merasa sedih dan marah. Dalam jangka Panjang, bila hal tersebut dibiarkan maka akan berdampak pada kualitas hubungan keduanya.

Mengunyah Permen Karet

Kalau kamu membutuhkan cara menghilangkan stres yang cepat, mudah dan murah, sepertinya kamu harus mengunyah permen karet. Penelitian menyebut kalau orang yang mengunyah permene karet punya tingkat stres lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Salah satu penjelasan yang mungkin sepertinya karena kegiatan mengunyah akan menyebakan gelombang otak yang mirip dengan saat seseorang sedang bersantai. Selain itu, mengunyah permen karet bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

Menghabiskan Waktu dengan Teman dan Keluarga

Saat kamu sedang stress, coba deh berkumpul dengan orang-orang yang kamu saying. Menjadi bagian dari mereka mungkin bakalan membantu kamu melalui masa-masa sulit. Ditambah, sebuah penelitain menyebut kalau saat Bersama dengan orang yang dicintai, wanita khususnya akan memabntu melepaskan oksitosi, zat alami Pereda stress.

Banyak Tertawa

Saat kamu tertawa, kamu akan menghilangkan respon stress sekaligus meredakan ketegangan lewat otot-otot yang mengendur. Kalau kamu adalah orang yang suka tertawa, wah, dalam jangka Panjang bisa berpengaruh pada peningkatan kekebalan tubuh kamu lho.

Jangan Menunda pekerjaan

Saat kamu menunda melakukan sesuatu yang harus kamu lakukan, maka saat tenggat waktu pekerjaan tersebut dating, kamu akan jadi tergesa-gesa, tidak reaktif dan seperti ditekan. Dalam sisi kesehatan, ini buruk dan bisa berpengaruh pada kualitas tidur kamu.

Yoga

Olahraga ini telah dikenal sebagai cara menghilangkan stress yang popular bagis emua umur. Meskipun yoga punya variasi Gerakan yang berbeda, namun keseluruhannya punya tujuan untuk menggabungkan tubuh dengan pikiran. Dari keseluruhan penelitain yang telah dilakukan, yoga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dengan tingkat keefektifan setara dengan obat antidepresan.

Berpelukan

Kontak fisik secara positif bisa membantu melepaskan hormone oksitosin dan menurunkan kartisol. Kartisol sendiri merupakan hormone yang dilepaskan oleh tubuh saat sedang stress. Dengan berpelukan, bisa membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung dimana keduanya merupakan gejala alamii dari fisik yang sedang stress.

Mendengarkan Musik Instrumental

Musik instrument yang mengalun dengan tempo lambat bisa memicu respon relaksasi dengan menurunkan tekana darah, detak jantung dan hormone stress. Selain jenis music instrument, Cara menghilangkan stress  juga bisa dengan mendengarkan lagu yang kamu suka dan suara-suara alam.

Bernafas Dalam-Dalam

Saat kamu dalam keadaan stress dan tertekan, system saraf simpatik akan memberi sinyal pada tubuh untuk masuk dalam mode “ fight-or-flight”. Selama memasuki mode ini, hormone stress akan dilepaskan dan dengan segera kamu bakalan merasakan gejala fisik seperti detak jantung yang lebih cepat, pernafasan, dan pembuluh darah yang menyempit. Saat keadaan idemikian, kamu perlu berlatih mengambil nafas dalam-dalam untuk mengaktifkan system saraf parasimpatis  yang mengontrol respon relaksasi.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Saat kamu bermain dengan hewan peliharaan, kamu akan tetap bergerak aktif, memberi rasa persahabatan dan semua kualitas yang bisa meredakan kecemasan kamu.

Menghindari Hal-Hal yang Menyebabkan Stres.

Cara menghilangkan stres yang ampuh yakni dengan memblokir hal-hal yang membuat stress tersebut makin parah. Misalnya, kalau kamus tres karena apa yang kamu baca dan lihat di social media, maka kamu harus segera off dari hal-hal tersebut. Kenali penyebabnya, lalu ambil langkah pencegahan. Saat semuanya sudah berlalu, kamu akan menyadari kalau sebuah kebiasaan kecil bisa menjadi alat yang membantu tingkat stresmu ada di level yang lebih baik.

Meninjau Ulang Kegiatan

Kamu sangat mungkin stres kalau kamu punya beban kerja yang sangat berat. Maka, cara menghilangkan stressnya yaitu dengan meninjau kembali beban pekerjaan kamu. Mungkin selama ini ada yang salah dengan manajemen waktu dan diri kamu, atau pelimpahan beban kerja yang tidak seimbang.

Membuat Karya Seni

Berkenalan lagi dengan sisi kreatif mungkin baklan terasa mudah saat kamu masih anak-anak. Saat dewasa apalgi dnegan tuntuna pekerjan dan semuanya, kembali lagi bermain dengan seni seolah jadi pilihan yang tidak mungkin. Tapi, bukan berarti nggak bisa, kan?

Kalau kamu suka mewarnai dan menggambar, cara menghilangkan stress dengan itu bisa jadi ide yang bagus.

Beri Komentar