30 Manfaat Minum Banyak Air Putih Hangat

Reporter : Sofi
Sabtu, 4 Januari 2020 09:44
30 Manfaat Minum Banyak Air Putih Hangat
Meminum air putih merupakan kebutuhan tubuh kita sehari-hari. Tahukah kamu manfaat dibalik segarnya air putih? Berikut manfaat air putih tersebut.

Tidak jarang dari kita masih tidak suka untuk minum air putih. Padahal, kandungan air pada tubuh manusia adalah 60-70%. Jika kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Agar kamu suka untuk minum air putih, kamu harus mengetahui manfaat air putih berikut ini berdasarkan sumber-sumber yang sudah dirangkum sebelumnya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih

ilustrasi wanita minum air putihilustrasi wanita minum air putih © thehealthy.com

Banyak manfaat air putih yang biasanya orang tidak pedulikan. Padahal manfaat air putih sungguh banyak dan dibutuhkan oleh tubuh. Berikut manfaat air putih yang harus kamu ketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat air putih yang pertama adalah menurunkan berat badan. Studi telah mengaitkan lemak tubuh dan penurunan berat badan dengan air minum di kedua kelebihan berat badan wanita. Minum lebih banyak air saat berdiet dan berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan sirkulasi oksigen darah

Manfaat air putih yang kedua adalah meningkatkan sirkulasi oksigen darah. Air membawa nutrisi dan oksigen bermanfaat ke seluruh tubuh. Mencapai asupan air harianmu akan meningkatkan sirkulasimu dan berdampak positif pada kesehatanmu secara keseluruhan.

3. Membantu menyerap nutrisi

Manfaat air putih yang ketiga juga dapat membantu menyerap vitamin, mineral, dan nutrisi penting dari makanan, yang akan meningkatkan peluangmu untuk tetap sehat.

4. Meningkatkan energi

Manfaat air putih yang jeempat adalah meningkatkan energi. Air minum dapat mengaktifkan metabolisme. Peningkatan metabolisme telah dikaitkan dengan dampak positif pada tingkat energi.

Satu studi menemukan bahwa minum 500 ml air meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 30% pada pria dan wanita. Efek ini tampaknya bertahan lebih dari satu jam.

5. Mencegah dehidrasi secara keseluruhan

Dehidrasi adalah akibat tubuh tidak memiliki cukup air. Karena air sangat penting untuk banyak fungsi tubuh, dehidrasi bisa sangat berbahaya. Dehidrasi parah dapat menyebabkan sejumlah komplikasi parah, termasuk pembengkakan di otak, gagal ginjal, dan kejang.

Maka manfaat air putih kali ini dapat dilakukan dengan minum cukup air untuk mengganti apa yang hilang melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar untuk menghindari dehidrasi secara keseluruhan.

6. Membantu menjaga kulit agar tampak cerah

Manfaat air putih ini juga dapat dirasakan untuk kecantikan kulitmu. Asupan air yang cukup akan membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi dan dapat meningkatkan produksi kolagen. Namun, asupan air saja tidak cukup untuk mengurangi efek penuaan. Proses ini juga terhubung ke gen kamu dan perlindungan matahari secara keseluruhan.

7. Meningkatkan mood

Tidak mendapatkan cukup air juga dapat memengaruhi suasana hatimu. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan kebingungan serta kecemasan. Sehingga dengan meminum air putih yang cukup, manfaat air putih yang didapat adalah meningkatkan mood kamu.

8. Membantu untuk tetap fokus

Manfaat air putih selanjutnya adalah membantu untuk teteap fokus. Penelitian menunjukkan bahwa tidak minum cukup air dapat berdampak negatif pada fokus, kewaspadaan, dan memori jangka pendekmu.

9. Mengatur suhu tubuh

Manfaat air putih berikutnya adalah mengatur suhu tubuhmu.Tubuh kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas. Keringat membuat tubuhmu tetap dingin, tetapi suhu tubuhmu akan naik jika kamu tidak mengisi kembali air yang hilang.

Itu karena tubuhmu kehilangan elektrolit dan plasma ketika mengalami dehidrasi. Jika kamu berkeringat lebih dari biasanya, pastikan kamu minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

11. Mengeluarkan kotoran dalam tubuh

Tubuhmu menggunakan air untuk berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Keringat mengatur suhu tubuh saat kamu berolahraga atau dalam suhu hangat. Kamu membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari keringat.

Ginjal juga penting untuk menyaring limbah melalui buang air kecil. Asupan air yang cukup membantu ginjal bekerja lebih efisien dan membantu mencegah batu ginjal.

12. Melindungi jaringan sumsum tulang belakang, dan sendi

Konsumsi air membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan. Ini akan membantumu menikmati aktivitas fisik dan mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi.

13. Memaksimalkan kinerja fisik

Minum banyak air selama aktivitas fisik sangat penting. Atlet mungkin berkeringat 6 hingga 10% dari berat badan selama aktivitas fisik. Hidrasi juga memengaruhi kekuatan, kekuatan, dan daya tahanmu. Maka dari itu dibutuhkan manfaat air putih untuk memaksimalkan kinerja fisik.

Efek negatif dari olahraga dalam panas tanpa cukup air dapat mencakup kondisi medis yang serius, seperti penurunan tekanan darah dan hipertermia . Dehidrasi ekstrem dapat menyebabkan kejang dan bahkan kematian.

14. Mencegah sembelit

Manfaat air putih selanjutnya adalah mencegah sembelit. Makan serat bukan satu-satunya cara untuk mencegah sembelit . Penting juga untuk menjaga asupan air agar ketika buang air besar mengandung cukup air.

15. Membantu pencernaan

Manfaat air putih yang terakhir adalah membantu pencernaan. Bertentangan dengan apa yang diyakini sebagian orang, para ahli mengonfirmasi bahwa minum air sebelum, selama, dan setelah makan akan membantu tubuhmu memecah makanan yang kamu makan dengan lebih mudah. Ini akan membantumu mencerna makanan secara lebih efektif dan mendapatkan hasil maksimal dari makananmu.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih Hangat

air panasair panas © rawpixel.com

Apakah kalian pernah mendengar bahwa air putih hangat dapat menyembuhkan beberapa penyakit? Atau air putih hangat berdampak kesehatan bagi tubuh kita? Berikut adalah manfaat air putih hangat yang dapat kamu simak.

1. Membantu pencernaan

Manfaat air putih hangat yang pertama adalah membantu pencernaan. Minum air putih hangat dapat menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Bagaimanapun juga, air adalah pelumas yang membuat pencernaan untuk terus berjalan.

Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan kotoran dalam tubuh. Air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang telah kamu makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh.

2. Meringankan sembelit

Minum air panas membantu usus berkontraksi. Ketika itu terjadi, kototran lama yang terperangkap di usus bisa keluar dari tubuhmu.

4. Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air panas dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuhmu. Ketika sistem saraf siap untuk reaksi yang sehat dan terkontrol, kamu akan menemukan bahwa kamu merasakan lebih sedikit rasa sakit dan sakit, serta kurang panik sepanjang harimu.

5. Menurunkan berat badan

Minum air panas membangunkan sistem kontrol suhu tubuhmu. Saat tubuhmu mengkompensasi suhu hangat air, itu menurunkan suhu internal, dan mengaktifkan metabolisme kamu.

Air panas juga membantu usus Anda berkontraksi untuk membersihkan kotoran yang membengkak di tubuhmu, yang menghilangkan " berat air" yang ditakuti.

6. Membuatmu terhidrasi

Air panas tidak berbeda dengan suhu kamar atau air dingin untuk menjagamu tetap terhidrasi. Memulai hari Anda dengan satu porsi air panas dan mengakhiri hari dengan yang lain akan membuatmucukup terhidrasi. Tubuh pada dasarnya membutuhkan air untuk melakukan setiap fungsi penting, sehingga nilai itu tidak dapat dilebih-lebihkan.

7. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air panas membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, kamu akan merasa kurang cemas jika meminumnya. Jika kamu menambahkan susu hangat ke dalam campuran, kamu mungkin merasa lebih tenang daripada setelah minum air hangat, menurut sebuah penelitian .

8. Meningkatkan sirkulasi

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah arteri dan vena untuk mengembang dan membawa darah secara lebih efektif ke seluruh tubuh. Minum air hangat dapat memiliki efek yang serupa.

9. Membantu meringankan gejala akalasia

Achalasia adalah suatu kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. Orang dengan akalasia (dan dengan esofagitis eosinofilik ) mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang juga merasa seperti makanan “ macet” ( disfagia ) di kerongkongan mereka alih-alih pindah ke perut.

Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi air hangat dapat membantu akalasia untuk dicerna lebih nyaman. Meminum air hangat dengan makanan berminyak atau makan daging mungkin sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan diagnosis ini.

10. Mengurangi racun dalam tubuh

Manfaat air putih hangat yang terakhir adalah mengurangi racun dalam tubuh. Minum air hangat sementara mulai menaikkan suhu tubuh internal. Ketika kamu minum air hangat, atau saat mandi air hangat, sistem endokrin tubuhmu aktif dan kamu mulai berkeringat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

ilustrasi wanita minum air putihilustrasi wanita minum air putih © rawpixel.com

Meminum air putih 8 gelas dalam sehari adalah batas yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Bagi sebagian besar orang 8 gelas sehari adalah jumlah yang cukup banyak, tetapi dari situ akan ada manfaat air putih yang akan kamu rasakan. Berikut adalah manfaat tersebut.

1. Minum lebih banyak air dapat membantu menurunkan berat badan

Minum banyak air dapat membantumu menurunkan berat badan. Ini karena fakta bahwa air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme. Waktunya juga penting, dan minum air setengah jam sebelum makan adalah yang paling efektif. Itu bisa membuatmu merasa lebih kenyang, sehingga kamu makan lebih sedikit kalori.

Sebenarnya yang terbaik adalah minum air dingin, karena dengan begitu tubuh akan menggunakan energi tambahan (kalori) untuk memanaskan air ke suhu tubuh.

2. Membantu hangover

Hangover mengacu pada gejala tidak menyenangkan yang dialami setelah minum alkohol. Alkohol adalah diuretik, sehingga membuatmu kehilangan lebih banyak air daripada yang kamu minum. Ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Cara yang baik untuk mengurangi mabuk adalah minum segelas air di antara minuman, dan memiliki setidaknya satu gelas besar air sebelum tidur.

3. Membantu mengobati batu ginjal

Batu kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk dalam sistem kemih. Bentuk paling umum adalah batu ginjal, yang terbentuk di ginjal.

Asupan cairan yang lebih tinggi meningkatkan volume urin yang melewati ginjal, yang mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga mereka cenderung mengkristal dan membentuk gumpalan.

4. Minum lebih banyak air dapat membantu meringankan sembelit

Minum banyak air dapat membantu mencegah dan meringankan sembelit, terutama pada orang yang umumnya tidak minum cukup air.

5. Dapat membantu mencegah dan mengobati sakit kepala

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa air dapat meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi.

Memperhatikan jumlah air yang kamu minum setiap hari adalah penting untuk kesehatan yang optimal. Kebanyakan orang minum ketika mereka haus, yang membantu mengatur asupan air setiap hari.

Salah satu cara untuk menilai hidrasi adalah rasa haus dan warna urine. Merasa haus menunjukkan tubuhmu tidak menerima hidrasi yang memadai. Urin yang gelap atau berwarna menunjukkan dehidrasi. Urin pucat atau tidak berwarna biasanya menunjukkan hidrasi yang tepat.

Jadi apakah kamu masih tidak mau minum air putih cukup untuk kebaikan tubuhmu setelah mengetahui manfaat di atas? Bagaimana menurutmu? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar ya!

4 dari 4 halaman

Beri Komentar