6 Tips Pemanasan yang Benar dan Simpel untuk Menghindari Cedera saat Olahraga

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 22 April 2023 21:09
6 Tips Pemanasan yang Benar dan Simpel untuk Menghindari Cedera saat Olahraga
Pemanasan yang salah atau tidak benar dapat menyebabkan kram, dan ketika terjadi kram maka jaringan tubuh akan rusak serta otot menjadi tegang.

Olahraga adalah suatu aktifitas fisik yang menyenangkan. Selain itu, dengan rutin berolahraga paling tidak seminggu sebanyak 3 kali bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, menangkal obesitas, hingga meningkatkan kualitas hidup.

1 dari 4 halaman

Namun, sebelum olahraga jangan sampai skip untuk pemanasan dulu ya, Diazens. Pemanasan merupakan salah satu hal yang krusial yang perlu dilakukan sebelum olahraga, dilansir dari Sehataqua, pemanasan yang salah atau tidak benar dapat menyebabkan kram, dan ketika terjadi kram maka jaringan tubuh akan rusak serta otot menjadi tegang.

2 dari 4 halaman

Nah, ada beberapa gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan sebelum berolahraga agar tidak kram nih Diazens.

1. Memutar Kepala 

Pemanasan ada baiknya dilakukan atau dimulai dari bagian atas tubuh, kemudian berlanjut hingga kebawah. Pemanasan di bagian kepala cukup mudah dilakukan, gerakkan bagian leher searah jarum jam dengan hitungan 8 detik, kemudian lakukan gerakan yang sama ke arah yang sebaliknya selama 8 detik pula. 

2. Memutar Pinggang 

Renggangkan kaki searah dengan pundak kemudian putar searah jarum jam selama 8 detik, dan lakukan hal yang sama ke arah sebaliknya. Gerakan ini dapat membantu agar pinggang tetap lentur saat melakukan gerakan-gerakan berat

 

3 dari 4 halaman

ilustrasi wanita olahraga © Diadona

3. Memutar Lutut 

Cara pemanasan untuk lutut adalah dengan menekuk lutut kemudian goyangkan searah jarum jam selama 8 detik, kemudian lakukan hal yang sama ke arah sebaliknya. Hal ini berguna untuk menghindari cedera kepada lutut akibat melakukan gerakan yang terlalu berat atau intensif. 

4. Memutar Bahu 

Pegang pundak dengan satu tangan kemudian putar ke arah dalam sebanyak 8 kali, setelah itu putar ke arah luar sebanyak 8 kali. Lakukan kepada kedua tangan. Fungsi dari pemanasan bahu adalah untuk memudahkan pergerakan badan, seperti ketika sedang berlari. 

 

4 dari 4 halaman

5. Memutar Kedua Lengan 

Gerakan kedua lengan seperti kincir angin sebanyak 8 kali kedepan dan sebanyak 8 kali ke belakang. 

6. Mengangkat dan memutar kaki

Angkat sebelah kaki dengan satu tangan, kemudian putar kaki dengan gerakan searah jarum jam sebanyak 8 kali, lakukan gerakan ini kepada kedua kaki.

Nah, itu dia 6 gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari adanya cedera nih Diazens! Yuk, lakukan pemanasan sebelum olahraga biar kamu gak cedera dikala atau selesai olahraga!

(Editor: Pinkhan Azarin Rahmawaty)

 

Beri Komentar